Korban Dipukuli, Dua Perampok Uang Rp. 60 Juta Diringkus, Tiga DPO

Selasa, 21 Juni 2022 | 10:02 WIB

Delitua, MPOL : Unit Reskrim Polsek Delitua meringkus dua dari lima perampok yang beraksi di Jl. AH. Nasution, depan Ayam Penyet Surabaya, Kel. Pangkalan Masyhur, Kec. Medan Johor, Rabu (15/6/2022) sekira pukul 22.00 WIB.

Kedua pelaku yang dibekuk petugas yakni K (42) warga Jl. Parang IV ujung, Kel. Kwala Bekala, Kec. Medan Johor dan HT (41) warga Jl. Parang II, Kel. Kwala Bekala, Kec. Medan Johor.

Kapolsek Delitua, Kompol Dedy Dharma melalui Kanit Reskrim Iptu Irwanta Sembiring, mengatakan dalam laporannya korban Siwan Berutu (27) menjelaskan, kala itu korban sedang berhenti di pinggir Jalan AH Nasution. Kemudian tiba-tiba para pelaku turun dari mobil dan langsung mendatangi korban dengan merampas tas milik korban.

“Korban sempat mempertahankan tasnya. Namun, para pelaku memukuli korban sehingga korban mengalami luka dan tas korban berhasil dibawa lari pelaku menggunakan mobil BK 1144 MU,” kata Dedy Dharma didampingi Kanit Reskrim Iptu Irwanta Sembiring, Selasa (21/6/2022).

Akibat kejadian tersebut, korban yang tinggal di Jl. Beskem, Kel. Sidiangkat, Kec. Sidikalang, ini mengalami kerugian uang sebesar Rp. 60 juta yang disimpan korban di dalam tas sandang tersebut.

Setelah menerima laporan dari korban, petugas kemudian melakukan penyelidikan dan menemukan mobil yang digunakan pelaku untuk melakukan perampokan tersebut di rumah milik Octa Br Sinambela di Jl. Bahagia, Kel. Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kamis (16/6/2022) sekira pukul 18.00 WIB. Selanjutnya, petugas menginterogasi pemilik mobil tersebut menerangkan bahwa tersangka KG menghubungi pemilik mobil hendak merental mobil Avanza dan mengatakan kepada pemilik mobil bahwa yang menjemput mobil tersebut adalah temanya, tersangka HT.

Berbekal informasi dari pemilik mobil, petugas terus melakukan penyelidikan terhadap kedua tersangka. Sekira pukul 23.00 WIB, petugas berhasil meringkus tersangka KG di depan Oukup Tomy Bastanta Ginting, Jl. Jamin Ginting Kel. Mangga Kec. Medan Tuntungan.

“Saat diinterogasi tersangka KG mengakui memang benar merencanakan perampokan bersama dengan tersangka HT dan telah melakukan perampokan bersama dengan empat orang lainnya. Tersangka juga merental mobil Avanza dengan empat tersangka lainnya untuk merampok korban dan mengaku mendapat bagian uang sebesar Rp 11 juta,” ungkapnya.

Setelah mendengar ‘nyanyian’ tersangka, petugas kemudian melakukan pengejaran terhadap para pelaku. Alhasil, berselang setengah jam usia tersangka KG ditangkap, petugas berhasil membekuk tersangka HT di sebuah warung Jl. Parang II, Kel. Kwala Bekala, Kec. Medan Johor.

Kepada petugas, tersangka HT mengakui perbuatannya yang ikut merencanakan perampokan dan mengajak temannya inisial D (DPO). Lalu tersangka memerintahkan D untuk mencari dua orang untuk membantu melakukan perampokan tersebut. Tersangka juga mengaku mendapat bagian uang hasil rampokan sebesar Rp. 11,5 juta.

Sebagai barang bukti, petugas mengamankan diantaranya satu unit mobil Toyota Avanza BK 1144 MU, satu unit Hp Oppo, satu unit Hp Infinix, uang tunai Rp. 12.400.000, satu buah tas ransel warna hitam merk Polo Pro dalam keadaan koyak dan satu buah buku tabungan BCA.

“Sampai saat ini kita masih memburu tiga pelaku lainnya. Terhadap para pelaku yang masih DPO kita minta menyerahkan diri sebelum diambil tindakan tegas,” pungkas Irwanta. *