Iptu Rony HP Situmorang, Sosok Kanit Lantas Yang Giat Patroli

Sabtu, 19 September 2020 | 23:19 WIB

Medan, MPOl: Kanit Lantas Polsek Medan Baru, Polrestabes Medan, Iptu Rony HP Situmorang, merupakan sosok perwira yang giat berpatroli di wilayah hukumnya.

“Patroli, salah satu kegiatan rutin dilakukan setiap hari untuk mencegah terjadinya kemacetan lalu lintas (lalin) sekaligus memantau arus lalin dan melakukan penindakan kepada masyarakat yang tidak tertib berlalu lintas,” ujar Iptu Rony HP Situmorang saat bincang-bincang dengan medanpos.online di ruang kerjanya Sabtu (19/9/2020) sore.

Selain itu, kata kanit yang mudah akrab dan bergaul dengan awak media ini, disela-sela kegiatan berpatroli kita (Unit Lantas Polsek Medan Baru) selalu menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada warga sekitar dan mengajaknya untuk tertib berlalu lintas dalam berkendara di jalan raya.

Bahkan, bila terjadi kemacetan arus lalin dan kecelakaan maka personel Unit Lantas Polsek Medan langsung ke lokasi kejadian perkara.”Begitu ada kemacetan dan kecelakaan saya terus datang bersama personel. Namun bila persenol ada giat yang lain. Saya sendiri ke tempat kejadian perkara (TKP),” ujarnya.

Rony dalam menjalankan tugas selalu punya prinsip bahwa dalam tugas kita harus ikhlas dan bertanggung jawab.”Saya diberi amanah oleh tuhan menjadi seorang anggota Polri yang selalu bersyukur  dan bertanggung jawab atas pekerjaan yang diberikan,”  ungkapnya.

Tak hanya itu, sosok perwira yang selalu memberikan nasehat kepada para pelanggar lalin ini agar selalu tertib berkendara di jalan raya,”Apa yang kami (Polri) lakukan ini untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” katanya.

Apa lagi saat ini sambung Rony, banyak masyarakat yang berfikir negatif terhadap institusi Polri,”Jadi, apa yang kami lakukan ini setidaknya  bisa menghapus hal negatif masyarakat terhadap Polri,” harapnya.

Sementara dimata personel Unit Lantas Polsek Medan Baru, Iptu Rony HP Situmorang merupakan sosok perwira yang murah senyum dan tegas dalam mengambil keputus,”Kalau lagi tugas beliau orangnya disiplin, tegas dan tidak kenal kompromi dalam mengambil keputusan. Meski begitu, beliau orangnya murah senyum dan akrab dengan bawahan,” ujar seorang personel Unit Lantas Polsek Medan Baru yang enggan menyebutkan namanya.

Ketika ditanya angka kecelakaan lalin selama bertugas sebagai Kanit Lantas Polsek Medan Baru. Rony menyatakan pada priode tahun 2020,, angka kecelakaan lalu lintas relatif kecil,”Puji tuhan, selama di Polsek Medan Baru (Kanit Lantas) kecelakaan lalu lintas ( laka lantas) terbilang kecil,” papar Iptu Rony HP Situmorang mengakhiri. (*)