Dalam 2 Bulan, Sat Reskrim Polrestabes Medan Gulung 230 Bandit Jalanan

Rabu, 4 Maret 2020 | 13:55 WIB

Medan – Dalam kurun waktu 2 bulan terakhir Januari – Februari 2020, sebanyak 230 bandit jalanan digulung Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) Sat Reskrim Polrestabes Medan. Para tersangka yang diamankan merupakan pelaku kejahatan jalanan curas/perampokan, curat dan curanmor yang kerap beraksi dan meresahkan masyarakat di Medan sekitarnya.

“Selama dua bulan (Januari-Februari) kita mengungkap 175 kasus curas, curat dan curanmor dengan jumlah tersangka 230 orang,” kata Kasat Reskrim Polrestabes Medan, AKBP Maringan Simanjuntak kepada wartawan, Rabu (4/3/2020).

Dia merincikan 230 orang bandit jalanan yang diamankan oleh Sat Reskrim Polrestabes Medan dan Polsek jajaran terdiri atas kasus curas 35 terungkap dengan jumlah tersangka 44 orang. Kasus curat 97 kasus terungkap dengan 129 orang tersangka dan kasus curanmor 53 terungkap dengan jumlah tersangka 68 orang.

Maringan yang pernah menjabat sebagai Kabag Sumda Polrestabes Medan menerangkan Tim Tekab telah dibentuk untuk menekan aksi-aksi kejahatan kriminal di jalanan.

“Hampir seluruhnya para tersangka ini kita tindak tegas, keras dan terukur karena mereka berupa menyerang anggota dan berusaha melarikan diri saat ditangkap,” ujarnya.

Mantan Kapolsek Percut Sei Tuan ini juga menegaskan bahwa Tim Khusus Anti Bandit akan terus mengintai para pelaku kejahatan konvensional yang beraksi di wilayah hukum Polrestabes Medan.

“Sesuai instruksi Pak Kapoldasu tidak ada tempat bagi para pelaku kejahatan. Kita akan bertindak tegas, keras dan terukur bagi para pelaku kriminal,” pungkasnya. (Arya)