Berkeliling Masjid Subuh Berjamaah, Brigjen Dadang: Sebaik-baik Manusia Bermanfaat Bagi Orang Lain

Sabtu, 10 Desember 2022 | 09:12 WIB

Medan, MPOL : Wakapolda Sumut, Brigjen Dr. Dadang Hartanto mulai kembali menggalakkan program religinya dengan melaksanakan sholat subuh berjamaah dengan berkeliling masjid di Kota Medan. Kegiatan ibadah mantan Kapolrestabes Medan itu dengan berpindah-pindah masjid memang sudah menjadi rutinitasnya sebelum menjalankan aktivitas.

Masjid Al-Jihad di Jalan Abdullah Lubis, Medan, adalah masjid yang dikunjungi Pati Polri itu untuk sholat subuh pada Sabtu (10/11/2022) ini.

Wakapolda hadir di masjid tersebut turut didampingi Dirbinmas Poldasu, Kasubbid Penmas, Kapolsek Medan Baru dan disambut hangat imam serta para jamaah Masjid Al-Jihad.

“Pada kesempatan ini saya sangat bersyukur, kita jamaah Masjid Al-Jihad masih diberi kesehatan untuk beribadah pada ibadah sholat subuh. Kedatangan saya ingin menjalin silaturahmi dan bertemu dengan sahabat lama yang ada di sini (Masjid Al-Jihad),” kata Brigjen Dadang Hartanto.

Dadang menambahkan, karena kalau kita sering bertemu dengan sahabat lama kita senantiasa ingat dengan nasihat baiknya. Di dalam silaturahmi ada doa dan saling mendoakan dan akan timbul rasa cinta serta rasa sayang. Maka dari itu, ketika ada orang yang berbuat buruk kita harus menegur dan menasihatinya.

“Saya sering katakan kepada anggota jangan terlalu kejam dengan pelaku kejahatan tapi sesuaikan saja dengan aturan hukum. Yang terpenting dalam hidup ini kita harus menjadi seseorang yang baik. Kesimpulannya yaitu sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain,” tukasnya.

Sebelum beranjak meninggalkan masjid, para jamaah foto bersama dengan Wakapoldasu. Selanjutnya, 70 paket sembako berisi 5 kg beras, gula, minyak goreng, sarung dan 10 mukena diberikan Wakapolda kepada jamaah masjid.

Para jamaah tampak senang dengan kembalinya Brigjen Dadang Hartanto yang dianggap sebagai pahlawan subuh berjamaah. Pasalnya, kegiatan ini sering dilakukan saat Dadang masih menjabat Kapolrestabes Medan. Setiap harinya, Dadang berpindah-pindah masjid untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah sebelum memulai aktivitas sebagai pelindung dan pengayom masyarakat. Maka tak heran, banyak masyarakat Kota Medan yang mengenalinya sebagai ‘polisi alim’. *