Ketua DPRD Sumut Dukung Program PWI Sumut

Baskami Ginting: Saya Tersanjung, Baru Kali Ini Didatangi PWI

Rabu, 24 November 2021 | 19:14 WIB

Medan, MPOL : Ketua DPRD Sumatera Utara, Drs Baskami Ginting, mendukung sepenuhnya 10 program PWI (Parsatuan Wartawan Indonesia) Sumut lima tahun ke depan, dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM wartawan agar lebih profesional dan berkemampuan di bidang jurnalistik.

Dukungan tersebut dinyatakan Baskami Ginting saat menerima audiensi Ketua PWI Sumut Periode 2021-2026, H. Farianda Putra Sinik, SE, dan Panitia Pelaksana Pelantikan Pengurus PWI Sumut periode 2021-2026, Rabu siang (24/11/2021), di ruang kerjanya di gedung DPRD Sumut.

Baskami Ginting mengakui, program PWI Sumut lima tahun ke depan harus didukung dengan anggaran yang maksimal. Untuk itu, pengurus PWI Sumut harus lebih aktif mengkomunikasikan masalah bantuan anggaran tersebut, baik kepada eksekutif maupun legislatif.

“Masalah dukungan anggaran, kami tidak akan mengurangi, tapi kalau perlu akan menambahi. Untuk itu, diminta kawan-kawan wartawan di PWI Sumut menyampaikannya, agar dapat dialokasikan di pos anggaran yang mana,” ujar Baskami.

Saat menerima audiensi pengurus PWI Sumut, Baskami Ginting juga mengaku merasa tersanjung atas kunjungan pengurus PWI Sumut. Sebab, sejak dirinya menjadi Ketua DPRD Sumut, baru ini dikunjungi organisasi wartawan.

“Saya tidak ada apa-apanya tanpa wartawan, karena semua kegiatan yang kami lakukan tidak akan diketahui masyarakat jika tidak dibantu wartawan mempublikasikannya,” ujar politisi PDI Perjuangan itu.

Dalam audiensi itu, Baskami Ginting juga mengatakan akan menghadiri acara pelantikan pengurus PWI Sumut periode 2021-2026 pada tanggal 17 Desember 2021. “Saya akan berusaha hadir pada acara pelantikan nanti, karena wartawan di bawah PWI adalah sahabat saya dan juga DPRD Sumut,” katanya.

Sementara itu Ketua PWI Sumut Periode 2021-2026, H. Farianda Putra Sinik, menyatakan dirinya dipercaya memimpin PWI Sumut 5 tahun ke depan dengan 10 program, dimana 1-8 program adalah meningkatkan SDM wartawan di bidang pendidikan. Kemudian program kesembilan perlindungan bagi wartawan dan program ke-10 kesejahteraan wartawan.

Untuk melaksanakan 10 program tersebut, lanjut Farianda, yang didampingi Ketua Panitia Pelantikan Rifki Warisan, dan panitia lainnya Austin Tumengkol, Sugiatmo, Riza Mulyadi,, Hartati Rangkuti, Amrizal, dan Laswiyati Wakid, setiap organisasi termasuk PWI membutuhkan dukungan anggaran dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan juga DPRD Sumut yang memiliki fungsi budgeting.

“Program kami tidak akan berjalan jika tidak ada anggaran. Untuk meningkatkan kemampuan wartawan, butuh pendidikan dan pedidikan itu butuh anggaran yang tidak sedikit. Mudah-mudahan apa yang kami programkan, diantaranya meningkatkan pendidikan wartawan yang berkarakter dan beretika, dapat terlaksana. Wartawan juga butuh perlindungan. Untuk itu, PWI Sumut telah membentuk lembaga bantuan hukum bagi wartawan yang mengalami masalah berkaitan dengan hukum,” ujar Farianda.

Untuk itu Farianda menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Ketua DPRD Sumut, ltelah menerima mereka beraudensi. “Dan apresiasi yang tinggi kami sampaikan kepada Ketua DPRD Sumut yang bersedia berkolaborasi dengan PWI Sumut dalam mendukung prigram-program PWI Suklmut ke depan,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan Pengurus PWI Sumut Periode 2021-2026, Rifki Warisan, juga melaporkan, kegiatan yang akan dilaksanakan tidak hanya pelantikan pengurus saja, tapi juga melakukan bakti sosial dalam rangka memeriahkan Natal dan Tahun Baru bagi wartawan PWI beragama Kristiani. **