Sekalian Mendukung Pelaksanaan Vaksinasi Massal,

ARN Kembali Sosialisasikan Perda 04/2012 Tentang Sistem Kesehatan Kota Medan

Kamis, 25 November 2021 | 03:56 WIB

Medan, MPOL – Anggota DPRD Kota Medan Abdul Rahman Nasution (ARN) kembali melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan No. 04 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan, yang dilaksanakan di Rumah Aspirasi ARN Jalan Karya 2 Kelurahan Karang Berombak Kecamatan Medan Barat, Medan, Senin (22/11).

ARN menyerahkan souvenir kepada warga yang ikut dalam kegiatan sosper Perda 4/2012 Kota Medan, Senin (22/11). (bp)

Namun, kegiatan sosper kali ini bertambah menarik karena masih banyak warga peserta sosper yang belum divaksin, hari itu juga, dengan difasilitasi Rumah Aspirasi ARN dan IKANAS, sekitar 500 warga dengan disaksikan Camat Medan Barat dan Lurah Karang Berombak, warga divaksin di halaman masjid Nurul Islam yang jaraknya sekitar 100 meter dari lokasi sosper atau Rumah Aspirasi ARN.

“Kita memang sengaja mengundang warga yang belum tersentuh vaksin sama sekali untuk menjadi peserta sosper, jadi, saya selaku anggota DPRD Medan langsung berpartisipasi membantu biaya operasional bagi warga yang ikut divaksin. Alhamdulillah, remaja-remaja yang bersembunyi-sembunyi dan selama ini tidak mau divaksin, saat itu datang berduyun duyun minta divaksin. Sehingga target atau capaian vaksin kita tercapai,” ujar ARN yang juga Sekrataris Ikatan Keluarga Nasution (IKANAS) Kota Medan.

Sebelumnya, dalam kegiatan sosialisasi yang dihadiri langsung Camat Medan Barat Drs Lilik MAP, Lurah Karang Berombak Suhardi SE serta ratusan warga di kawasan kelurahan itu,, Abdul Rahman Nasution yang akrab disapa Manche ini menyampaikan betapa pentingnya masyarakat mengetahui apa hak dan kewajiban pemerintah kota Medan dalam menjamin kesehatan masyarakat.

Apalagi saat pancemi Covid 19, beragam penyakit bisa saja melanda warga. Karena itu, selaku Anggota DPRD dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ARN sangat menginginkan masyarakat dapat berobat dan dirawat dengan pelayanan yang maksimal baik di Puskesmas maupun rumah sakit.

“Sebagai wakil rakyat, saya merasa berkepentingan mendengarkan persoalan masyarakat terkait masalah kesehatan sesuai perda tersebut, sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik dan maksimal,” ujarnya.

Melalui Rumah Arpirasi ARN yang sengaja disiapkan anggota Fraksi PAN ini, ARN atau Manche bisa menampung berbagai aspirasi seperti permohonan mendapatkan BPJS gratis. Untuk ini, Tim ARN sendiri telah mengurus BPJS Gratis sekitar 1000 an milik warga.

Menurut Anggota Dewan yang terpilih dalam Pemilu Legislatif dari Dapil I meliputi Kec. Medan Barat, Petisah, Helvetia dan Medan Baru) ini, pemerintah dalam hal ini Pemko Medan memiliki tanggungjawab yang besar dalam melayani masalah kesehatan warganya, sesuai Perda 4/2012 itu.
Khususnya pada Bab 1 Perda tersebut, khususnya ayat 14, jelasdisebutkan bahwa upaya kesehatan, dimana setiap kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan yang dilakukan secara terpadu, terintegrasi dan berkesinambungan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam bentuk pencegahan penyakit, peningkatan kesehatan, pengobatan penyakit, dan pemulihan kesehatan oleh Pemda Medan Tim ARN sendiri telah mengurus BPJS Gratis sekitar 1000 an.

Abdul Rahman menjelaskan, bagi warga yang belum memiliki BPJS, tetap dapat menerima pelayanan kesehatan gratis melalui program unregister.
“Untuk mendapatkan program unregister ini cukup melakukan pengurusan ke kelurahan dan Dinas Sosial. Program ini mengcover pelayanan kesehatan gratis untuk warga yang tidak memiliki BPJS Kesehatan, tandas politisi Partai Amanat Nasional ini.

Abdul Rahman juga mengajak warga, memanfaatkan fasilitas kesehatan yang disediakan pemerintah kota ini. Apalagi 10 persen dari dana APBD dialokasikan untuk pelayanan kesehatan gratis salah satunya melalui BPJS Kesehatan,” jelas wakil ketua Komisi III DPRD Medan itu.
Selain itu, saat ini Pemko di bawah kepemimpinan Wali Kota Medan, Bobby Nasution sedang berhitung untuk merealisasikan program kesehatan gratis untuk seluruh warga Medan.

Sementara itu Camat Medan Barat Drs Lilik MAP dalam sambutannya menyampaikan apresiasi setingi-tingginya kepada wakil rakyat dari Fraksi PAN tersebut, karena dengan senang hati mensosialisasikan perda 4/2012 demi memberikan pemahaman yang baik tentang kesehatan buat warga kecamatan ini.
“Sosper ini sangat penting, agar masyarakat mengetahui haknya mendapatkan fasilitas kesehatan dari pemko Medan,” tegas Camat dalam acara yang juga dirangkai vaksinasi massal bagi sekitar 500 an warga di daerah itu.

Acara penuh kekeluargaan itu juga ditandai dengan pembagian souvenir kepada warga yang hadir secara sukarela ke Rumah Aspirasi ARN tersebut. (bp)