Massa Kelompok Tani Demo Kantor DPRD dan Bupati Deli Serdang

Rabu, 12 Februari 2020 | 14:35 WIB
Lubuk Pakam (medanposonline.com) – Ratusan massa yang tergabung dalam Kelompok Tani Berjuang Murni Marendal I melakukan aksi unjuk rasa di Kantor DPRD dan Kantor Bupati Deli Serdang, warga meminta perlindungan atas rencana Gubsu akan membangun Taman Botani seluas kurang lebih 200 hektar diatas tanah eks HGU PTPN 2, Rabu (12/2/2020).
Menurut massa pengunjuk rasa mereka sudah bertempat tinggal di lahan tersebut sejak 20 tahun silam di Desa Marindal I Kecamatan Patumbak,  Deli Serdang,  Sumatera Utara.
Dalam orasinya ketua Kelompok Tani Berjuang Murni Marendal I,  Tao Mindoana Br Simamora menyebutkan,  ada sekitar 1000 kepala keluarga yang tinggal di lahan eks HGU itu selama 20 tahun lebih dan lahan 200 hektar yang diklaim akan di bangun Taman Botani, saat ini objek tanah tersebut sudah berdiri rumah penduduk dan fasilitas umum, seperti rumah ibadah,  Masjid dan Gereja,  bahkan panti asuhan juga sudah ada berdiri di sana.
“Kami meminta segera keluarkan rekomendasi atas objek ranah eks HGU PTPN 2 kebun Marendal I yang sudah duduki, dikuasai dan di usahai lebih dari 20 tahun agar dapat di sertifikatkan”, bilang Tao.
Salah seorang warga yang ikut unjuk rasa Ridwan Simanjuntak mengatakan, kedatangan mereka ke kantor DPRD dan Bupati meminta dukungan agar warga dapat tinggal di lahan tersebut dan menolak rencana Gubsu membangun Taman Botani di atas lahan yang mereka sudah tempati. “Kami cuma punya serante dua rante aja tanah di lahan itu,  bukan cari kaya kami, tapi hanya untuk bertahan hidup aja”, bilang Ridwan.
Usai melakukan aksi unjuk rasa  massa berencana melanjutkan aksinya di kantor BPN Deli Serdang.(vo)