Luhut Usulkan Lahan di Humbahas Dijadikan Food Estate, Warga Salut Kepada Bupati

Kamis, 2 Juli 2020 | 13:56 WIB

 

Humbahas MPOL: Sejumlah elemen masyarakat di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menyatakan salut terhadap kinerja Bupati Humbahas,Dosmar Banjarnahor setelah
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mendatangi Kantor Menteri Pertanian (Mentan)  Syahrul Yasin Limpo, yang mengusulkan agar Mentan menjadikan lahan di Kabupaten Humbahas sebagai “food estate.

“Kami salut atas kinerja pak bupati Dosmar Banjarnahor, karena tentunya usulan pak Luhut itu karena pak Luhut melihat kinerja pak Dosmar sangat baik dalam hal pertanian”, kata M.Manalu warga Bonan Dolok Sijamapolang,Humbahas yang dihubungi medanposonline, Kamis (2/7/2020) siang.

Kata Manalu, pihaknya bersama warga Humbahas lainnya sudah mengetahui jika Bupati Humbahas saat ini sangat konsen dengan peningkatan pertanian di Humbahas.

Karenanya, dengan adanya usulan Luhut Panjaitan ke Mentan untuk menjadikan Humbahas sebagai lokasi “food estate”, tentunya hal tersebut harus didukung masyarakat, karena rencana itu merupakan hasil kinerja Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor untuk meningkatkan taraf hidup masyarakatnya di Humbahas.

Sebelumnya,Rabu(1/7/2020) Menko Kemaritiman dan Investasu Luhut Binsar Panjaitan mendatangi kantor Mentan di Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Luhut mengusulkan kepada Mentan untuk menjadikan lahan yang ada di Kabupaten Humbahas Sumatera Utara (Sumut) sebagai “food estate”.

“Saya hanya mengusulkan, ada tanah-tanah di ketinggian yang subur bisa dibuat untuk pertanian. Itu bisa jadi model di tempat-tempat lain. Ternyata tanah itu ada di Kabupaten Humbang Hasundutan, tanah yang subur dan Pak Menteri (Pertanian) sudah ke sana,” kata Luhut di Jakarta, Rabu (1/7/2020).

“Tanah yang sekarang sudah siap 30.000an hektare. Kita usulkan untuk dirancang jadi bagus. Ternyata dari hasil pertemuan, Pak Syahrul ini luar biasa sudah punya rencana. Jadi, saya pikir akan terjadi nanti. Seperti kentang, bawang putih bisa subur di sana karena ada di ketinggian 1.400 meter,” ujarnya.

Luhut berharap, tanah di Humbahas Sumut itu nantinya bisa menjadi acuan model lumbung pangan bagi daerah lainnya, termasuk Papua.

“Hanya satu model ini nanti bisa dikopiin sampai ke daerah yang lain sampai ke Papua,” katanya.

Sementara itu, Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan, koordinasi mereka sudah sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo yang menginginkan pembuatan lumbung pangan dengan tujuan menjaga ketahanan pangan nasional.

“Ini sesuai petunjuk Bapak Presiden kepada Pak Menko (Kemaritiman dan Investasi) untuk bisa mensinergikan. Saya sebagai menteri teknis di bidang pertanian membuat sebuah langkah atas koordinasi Pak Menko. Ini menjadi super prioritas program”, ujarnya.(mama/kps)