Audiensi ke Kesbangpol Sumut

LMPP Sumut Berdayakan Masyarakat Gali Potensi Ekonomi Lokal

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:40 WIB

Medan,MPOL: Sejumlah Pengurus Markas Daerah Laskar Merah Putih Perjuangan (MADA LMPP)Sumut dipimpin ketuanya Muhammad Safrizal melaksanakan audiensi ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatera Utara, Kamis (4/8/2022), di Kantor Kesbangpol Sumut Jalan Jend Gatot Subroto Medan.

Turut mendampingi Ketua Mada LMPP Sumut.M Safrizal, Ketua Harian Jalaluddin Lase, Sekretaris Syafrizal Nasution, Bendahara, Suhaimi Rangkuti, diterima dengan penuh kekeluargaan oleh Kabankesbangpol Sumut diwakili, Kabid Ketahanan Ekonomi, sosial budaya dan organisasi kemasyarakatan, Zulham Efendi Siregar,ST,MH dan Kasubid analis kebijakan ahli muda, Harry,SSTP,M.Sc.

Pada kesempatan silaturrahmi tersebut, Rizal panggilan akrab Ketua Mada LMPP Sumut, M Safrizal menjelaskan maksud tujuan audiensi, dalam rangka menjalin silaturrahmi dengan pihak Kesbangpol Sumut sebagai pembina ormas di Sumut, sekaligus melaporkan keberadaan ormas LMPP Sumut.

“Ormas Laskar Merah Putih Perjuangan (LMPP) berdiri sejak 5 Oktober 2018 di Jakarta dan saat ini sudah memiliki kepengurusan di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Berdasakan SKT Kemendagri No: 01-00-00/700/XII Tanggal 10 Desember 2018 dengan NPWP :86.420.840.0-009.000. Di Sumatera Utara saya menjabat sebagai ketua LMPP yang ketiga berdasarkan SK Nomor : 229/SKPP-MADA/KET/MABES LMPP/XII/2021, masa bakti 2021-2025,” tuturnya.

Rizal juga menjelaskan program LMPP yang sudah dijalankan selama ini yakni memberdayakan masyarakat menggali potensi ekonomi lokal, meningkatkan ekonomi warga melalui pembinaan pelaku UMKM yang tersebar di Sumut, pemberdayaan peningkatan ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif dengan berbagai jenis tanaman holtikura, program peningkatan sumber daya manusia melalui seminar dan Bimtek.

“Saat ini kami juga mempersiapkan louncing MyGo aplikasi transportasi berbasis online (Ojol) kenderaan roda dua dan empat yang dikelola sepenuhnya oleh LMPP yang akan beroperasi di seluruh Kabupaten/Kota se Sumut. Dengan beroperasinya My Go nantinya diharapkan akan membuka peluang usaha bagi masyarakat di Sumut,” katanya.
Selain itu juga disampaikan bahwa ormas LMPP bukan organisasi preman, tetapi turut bersama pemerintah memberikan peluang usaha bagi masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf kehidupan, dengan cara menggali fotensi usaha secara lokal yang selama ini belum dimanfaatkan dengan sebaiknya.

Padahal potensinya cukup menggiurkan, seperti mengumpulkan daun pisang kering yang bisa di jual untuk keperluan pembatas buah, lidi kelapa untuk sapu dan dianyam menjadi piring makanan ayam penyet dan lain sebagainya,jelasnya memberikan lustrasi.

Sementara itu, Kabid Ketahanan Ekonomi, sosial budaya dan organisasi kemasyarakatan, Zulham Efendi Siregar,ST,MH menyambut hangat kehadiran pengurus Mada LMPP Sumut dengan harapan silaturrahmi yang terjalin baik bisa terus berlanjut, terlebih kehadiran LMPP di tengah masyarakat turut memberdayakan tingkat perekonomian warga melalui program menggali potensi ekonomi lokal, katanya.(Jal)