Lapas Klas II-A P.Siantar Bersama Damkar Sosolialisasi Penanggulangan Kebakaran

Selasa, 14 September 2021 | 19:17 WIB

 

Simalungun, MPOL: Untuk mengantispasi terjadinya kebakaran, Lembaga  Pemasyarakatan Kelas II-A Pematangsiantar bersama Dinas Pemadam Kebakaran  Pemko Pematangsiantar mengadakan sosialisasi penanggulangan kebakaran di Kantor Lapas Kelas II-A Pematangsiantar Jalan Asahan KM-VII Kec.Siantar, Kab Simalungun, Selasa (14/09/2021).

Sosialisasi pemadam kebakaran tersebut diikuti petugas Lapas dan petugas Dinas Pemadam Kebakaran dari Kota Pematangsiantar untuk mengantisipasi terjadinya peristiwa kebaran di Lapas Kelas I Tangerang baru-baru ini yang merenggut korban jiwa dan materil.

Dalam sosialisasi tersebut,  tampak Kepala Bidang (Kabid)  Kebakaran Kota Pematangsiantar  Drs  Jhosua sihalolo melalui Kasie Penyuluhan dan Bantuan Teknik Pemadaman  Drs.S.Manurung memberi arahan dan materi.

Dalam arahannya mengatakan, betapa pentingnya pengetahuan dasar dalam pemadaman Api Ringan dengan cara menggunakan Alat tradisional maupun Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Dalam hal ini kalapas didampingi petugas Damkar mengaplikasikan simulasi pemadaman tersebut.

Hal ini merupakan bekal dasar bagi petugas dalam melaksanakan tugas apabila terjadi kebakaran sebagai pertolongan /tindakan awal, baik di tempat tugas maupun di rumah.
Kemudian, hal  ini juga dapat menjadi bekal dalam mencegah terjadinya insiden kebakaran di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Sementara, Kepala Lapas Klas II-A Pematangsiantar Rudy Fernando Sianturi dalam arahannya mengungkapkan, agar petugas dan jajarannya di Lapas untuk melakukan  penguatan pengamanan dalam hal pengawasan dan pengamanan.

Terutama dalam hal instalasi listrik agar tetap waspada dan sigap melakukan kontrol terhadap istalasi dan jaringan listrik hal ini untul menghindari korsleting listrik yang bisa menyebabkan insiden kebakaran.

Kalapas mengucapkan  terima kasih kepada Damkar Kota Pematangsiantar yang telah membantu dan memberikan pengetahuan sebagai bekal dasar dalam pencegahan dan pemadaman api ringan, sehingga petugas lapas mengerti dan memahami penanganan dan langkah yang harus di lakukan ketika terjadi insiden kebakaran.

Kalapas juga  meminta jajarannya memahami materi yang disampaikan agar dapat melakukan penanganan pertama apabila terjadi kebakaran di lingkup Lapas Klas II-A Pemetangsiantar.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesiagaan petugas Lapas apabila terjadi peristiwa kebakaran, sehingga dapat secara dini  mencegah kemungkinan terjadinya kebakaran yang lebih luas lagi, harap Rudy F Sianturi.**