Di Alun Alun T. Amir Hamzah Stabat :

Plt.Bupati Langkat H.Syah Afandin Lepas Calon Jamaah Haji Kloter 12

Sabtu, 3 Juni 2023 | 19:24 WIB

Langkat . MPOL- Sebanyak 368 calon jamaah haji/hajah dari Kabupaten Langkat bersiap-siap untuk memulai perjalanan suci mereka ke Tanah Suci, Makkah, Arab Saudi. Kegiatan keberangkatan tersebut merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh para jamaah dan keluarga mereka.

Foto : Plt Bupati Langkat menyerahkan cendra mata untuk calon jamaah haji Langkat.(wandi)

Dalam serangkaian acara perpisahan yang penuh haru, Sabtu (3/6/2023) jamaah haji Kabupaten Langkat berkumpul di Lapangan Alun-alun T. Amir Hamzah Stabat kabupaten. Mereka didampingi oleh keluarga, sahabat, serta para pejabat dan tokoh agama setempat. Acara tersebut diisi dengan doa bersama, tausiyah, serta nasehat terakhir dari para ulama yang memberikan pengarahan dan nasihat bagi para jamaah.

Kakan Kemenag Langkat H.Ainul Aswad menyampaikan bahwa jamaah calon haji kabupaten langkat keseluruhan berjumlah 368 orang, yang 360 diantaranya akan di berangkatkan hari ini tergabung dalam kelompok terbang 12 embar kasih Medan, sementara 8 orang lainnya akan di berangkatkan pada hari senin 05 Juni 2023 bergabung dengan kelompok terbang 14 yakni kabupaten Serdang Bedagai.
Pada hari ini yang di lepas oleh Plt.Bupati Langkat H.Syah Afandin, SH sebanyak 360 jamaah terdiri dari 154 orang jamaah laki-laki dan 206 orang jamaah perempuan serta 5 orang petugas haji pusat dan 2 orang petugas haji daerah kabupaten langkat dan 1 orang petugas haji provinsi yang selanjutnya akan di terima oleh panitia haji provinsi sumatera utara hari ini Sabtu 03 Juni 2023 di asrama haji Medan.

Terima kasih kepada pemerintah Kabupaten langkat terkhususnya Bapak Syah Afandin yang telah memberi fasilitas kepada jamaah diantaranya pelaksanaan manasik haji, konsumsi, transportasi pemberangkatan, cedera mata berupa kain sarung dan paling berkesan “Bumbu Pecal dan Sambal Teri ” Yang di berikan oleh bapak Syah Afandin untuk sebagai penyemangat makan agar sehat kuat dalam menjalankan ibadah.

Sementara itu Sambutan tertulis Ketua DPRD Langkat dalam Kesempatan ini di sampaikan Wakil Ketua DPRD Langkat Ir.Antoni Ginting “Melalui rangkaian persiapan dan pembekalan dengan melaksanakan manasik haji yang telah di lakukan beberapa waktu yang lalu sebagai pedoman atau petunjuk untuk melaksanakan ibadah haji yang baik dan benar, sehingga jamaah dapat lebih mengerti dan memahami tentang proses maupun tahapan pelaksanaan haji.

Maka tiba saatnya kini para jamaah calon haji memasuki waktu yang sangat penting, waktu yang selama ini dinantikan dengan harapan dan kebahagian yaitu pelepasan keberangkatan jamaah calon haji kabupaten langkat 1444 H/2023 M.
Saya berharap mari optimalkan pelaksanaan ibadah haji ini dengan sebaik-baiknya dan senantiasa berdoa serta berserah diri pada Allah SWT karena tujuan bapak/ibu jamaah calon haji yang hendak berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah tentunya diiringi harapan menggapai haji yang mabrur.

Dalam sambutannya, Plt.Bupati Langkat H.Syah Afandin, SH “mengucapkan selamat atas keberangkatan para jamaah ke tanah suci, beliau juga selalu mendoakan keselamatan bagi calon jamaah haji. “Kami berharap para calon jamaah haji dari Kabupaten Langkat dapat melaksanakan ibadah haji dengan khusyuk dan lancar, serta mendapatkan haji yang mabrur.
Bapak Ibu sekalian para calon jemaah haji yang sebentar lagi akan kita lepas untuk memulai sebuah ibadah, Saya ingin mengingatkan diantara puluhan juta umat Islam ini yang punya keinginan seperti bapak ibu untuk mendapatkan kesempatan melaksanakan ibadah haji Bapak/Ibu sekalian namun pada tahun inilah bapak/ibu 368 orang dipilih Allah untuk melaksanakan ibadah di tanah suci.

Ini satu ibadah yang paling mulia, yang letaknya dimulai dari niat berhaji kalau kita lihat saya mengikuti di televisi ada yang pekerjaannya hanaya supir angkot, ke ada yang jualan, sudah kumpulkan dana kurang lebih 35 tahun baru bisa berangkat haji, tapi kita mungkin semua melewati rintangan yang seperti itu.
Bapak Ibu sekalian ini satu peristiwa ibadah yang belum tentu semua orang bisa melakukannya seumur hidup, sekali lagi jaga betul niat kita menjadi tamu Allah ini tidak mudah.

Saya berharap saya selalu munajat kepada Allah di musim-musim haji ” Ya Allah siapapun saudara-saudara yang sedang melaksanakan Haji pada hari ini Ya Allah tolong mereka Ya Allah luruskan niat mereka dan dijadikan mereka haji yang mabrur”
Saya sadar atas nama pemerintah belum bisa secara maksimal di dalam memberikan yang terbaik dalam proses pemberangkatan hari ini untuk itu untuk saya atas nama pemerintah dan pribadi memohon maaf kalau di dalam proses pemberangkatan ini kami bersama dengan teman yang mungkin belum mampu memberikan secara maksimal pelayanan untuk bapak/ibu.

Setelah acara perpisahan di lapangan T.Amir Hamzah di Stabat Kabupaten Langkat para calon jamaah haji melanjutkan perjalanan mereka menuju Asrama Haji di Kota Medan, dan ke keesokan hari nya untuk menuju embarkasi haji yang terletak di Bandara Internasional Kuwala Namu . Di sana, mereka akan diterbangkan ke Madinah.

Turut hadir Sekda Langkat Amril Nasution S.Sos,M.AP
-Ketua TP.PKK Langkat Ny.Hj.Endang Kurniasih Syah Afandin
-Ketaua DWP Langkat Hj.Rina Wahyuni Marpaung,S.STP,M.AP
-Kakan Kemenag Langkat H.Ainul Aswad,MA
-Ketua MUI Langkat H.Zulkifli Ahmad Dian,Lc,MA
-Ketua Baznas Langkat H. Tanthawi Jauhari, MA., Ketua IPHI Langkat H.Irfan Yusuf
-Dandim 0203/LKT di wakili Kapten Inf.Edi Susanto Danramil 07 Stabat
Kapolres Langkat diwakili AKP Suwardi Kasat Binmas Polres Langkat, Asisten dan staf ahli bupati langkat ,Kepala Perangkat Daerah
-Camat sekabupaten langkat, Jamaah Calon Haji 1444 H, Para pengantar jamaah.(wandi)