Diikuti Ribuan Siswa SMP, Afandin Apresiasi Kampanye Baca Koran SPS Sumut

Kamis, 15 September 2022 | 21:14 WIB

Langkat.MPOL- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH hadiri kegiatan gerakan kampanye koran millenial Sumatera Utara, di SMP Negeri 1 Stabat, Kamis (15/9/2022).

Giat ini diikuti 1.200 siswa SMP N1 Stabat bertema “Baca Koran Keren” diselenggarakan Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumatera Utara bersama Plt Bupati Langkat.

Plt Bupati Langkat berterimakasih kepada SPS Sumut atas terselenggaranya giat literasi tersebut. “Ini gagasan baik, meningkatkan minat baca bagi generasi bangsa saat ini,” sebutnya.

Giat ini diharapkan menumbuhkan budaya baca generasi millenial yang selanjutnya menyebarluaskan kepada masyarakat secara umum.

“Rajin membaca akan banyak mendapatkan kebermanfaatan. Seperti mengetahui kemajuan informasi, menambah wawasan dan pengetahuan,” jelas Afandin.

Sembari berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan berkesinambungan dalam menyikapi perkembangan zaman. Sehingga terus dapat meningkatkan nilai literasi bagi generasi bangsa yang belakangan sudah hampir pudar tergerus fasilitas online.

Untuk memeriahkan acara itu, Plt Bupati Langkat memberikan kuis tanya jawab kepada para siswa SMP N1 Stabat. Bagi siswa yang berhasil memberikan jawaban, mendapatkan hadiah dari Plt Bupati Langkat.

Ketua SPS Sumut, H Farianda Putra Sinik SE berterimakasih atas dukungan Plt Bupati Langkat pada penyelenggaraan giat gerakan kampanye koran millenial Sumut.

Kegiatan ini digelar dalam upaya menumbuhkan minat baca koran dikalangan millenial.

Menurutnya dengan maraknya media siber (online) saat ini, minat baca koran para siswa siswi ini sudah menurun. Sehingga untuk menumbuhkan minat baca koran tersebut, SPS perlu mengadakan kampanye baca koran ini.

Diharapkan kampanye yang dilaksanakan bisa menumbuhkan kembali minat baca di kalangan pelajar, sekaligus mengurangi ketergantungan pada gadget.

Farianda yang juga Ketua PWI Sumut menegaskan informasi yang disajikan dalam koran adalah produk jurnalistik. Jadi isinya sudah teruji dan valid.

“Koran karya jurnalistik isinya valid, tidak boleh sembarangan menyajikannya. Karena itu informasi yang ada di dalamnya bisa adik-adik sekalian jadikan sebagai referensi dan menambah khazanah pengetahuan,” terangnya.

Menambahkan Kadis Kominfo Langkat H Syahmadi SSos MSP turut mengapresiasi kegiatan kampanye koran. Dirinya yakin peningkatan minat baca pada generasi millenial turut meningkatkan SDM penerus bangsa.

Peningkatan SDM itu, kata Syahmadi, diyakini memberikan kamajuan dan kesejahteraan bagi pembangunan bangsa ini.

“Membaca itu penguat literasi untuk kemajuan generasi bangsa.Jika generasinya maju, pasti bangsa ini makmur dan sejahtera,” ujarnya.

Turut hadir Kadis Kominfo H. Syahmadi S.Sos, M.SP, Sekretaris SPS Sumut Rianto Ahlgly SH, Ketua MUI Langkat H Ahmad Dian Lc MA, Ketua PWI Langkat Darwis Sinulingga, Kadis Pendidikan Langkat Dr H Saiful Abdi SH SE MPd, Kadis Perindag Langkat H Sukhyar Mulyamin, Kabag Umum Eka Saputra Depari SSTP, Kabag Prokopim Mahardhika Sastra Nasution SSTP MAP.

Plt Kasat Pol PP Damaeka Putra Singarimbun SSTP, Danramil 07/STB Kapten Inf Edi Susanto, perwakilan Kajari Langkat Sabri Fitriansyah Marbun, Camat Stabat Nuriadi SSos, Kepala Sekolah SMPN1 Stabat DrsTian Kaban MPd.(wandi)