Mantap! Anak Buah AKP Ainul Yaqin Gagalkan Peredaran Belasan Kilogram Ganja

Jumat, 15 September 2023 | 20:27 WIB

Labuhanbatu, MPOL : Apresiasi patut diberikan kepada Sat Lantas Polres Labuhanbatu. Pasalnya, anak buah dari Kasat Lantas AKP M. Ainul Yaqin itu berhasil menggagalkan peredaran gelap belasan kilogram ganja hingga berhasil meringkus dua tersangkanya di dua lokasi terpisah.

Ganja itu berhasil digagalkan saat dikirim dari Medan menuju Dumai sebelum akhirnya dihentikan di Kecamatan Rantau Selatan, Rabu (06/09/ 2023).

Kasat Lantas Polres Labuhanbatu, AKP M. Ainul Yaqin mengatakan pengungkapan kasus pengiriman ganja itu bermula dari adanya informasi bahwa di dalam Bus Bintang Utara Putra dari arah Medan tujuan Dumai terdapat satu kardus yang berisi ganja.

Mendapat laporan itu, petugas kemudian bersiap menghadang bus yang dimaksud. Hingga akhirnya bus itu melintas di depan Pos Lalu Lintas Sigambal, Kelurahan Perdamean, Kecamatan Rantau Selatan, dan diberhentikan. Selanjutnya, anggota Satlantas dipimpin langsung AKP Ainul Yaqin melakukan penggeledahan.

“Hasilnya ditemukan sebuah kardus berisi 13 paket ganja kering siap edar netto 12,670,6 gram dan selembar bukti pengiriman barang. Saat diinterogasi, sopir bus mengaku kardus itu dikirim oleh seseorang dari loket bus di Kota Medan dan akan diturunkan di Dumai, Riau,” kata Ainul Yaqin kepada Medan Pos, Jumat (15/9/2023).

Polisi menjelaskan pengungkapan sekaligus menggagalkan peredaran ganja. (Foto: Ist).

Eks Wakasat Resnarkoba Polrestabes Medan ini menjelaskan petugas kemudian melakukan control delivery dengan membiarkan barang itu diantar sampai di Loket Bus Bintang Utara Putra di Dumai sembari petugas Sat Resnarkoba mengikutinya dari belakang.

Sesampainya di loket yang dituju, kardus itu lalu diambil seorang pria. Petugas gabungan Satlantas dan Sat Resnarkoba pun langsung mengamankan pria tersebut saat hendak membawa kardus itu. Pria itu diketahui bernama Chairil Anwar Pohan alias Iril warga Jalan Makmur, Kelurahan Basilam Baru, Kecamatan Sungai Sembilan, Dumai.

Kepada petugas tersangka Iril mengaku jika dia mengambil kardus berisi ganja itu atas perintah M. Jabal Syah Siregar. Tak butuh waktu lama, petugas berhasil meringkus M. Jabal di rumahnya Jalan Makmur berikut barang bukti 7 bungkus plastik klip kecil berisi sabu dengan berat 1,85 gram.

“Jadi tersangka M. Jabal ini mengaku sudah 4 kali menyuruh tersangka Iril mengambil paket ganja di loket bus tersebut. Setiap satu kali pengambilan, tersangka Iril diberi upah Rp. 1 juta,” terangnya.

Tak hanya itu, tersangka Jabal pun akhirnya ‘bernyanyi’ ternyata barang haram itu dikirim seorang warga Aceh Tenggara berinisial ORI dari Medan. Hingga kini Sat Resnarkoba Polres Labuhanbatu masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap jaringan narkotika ini. *