Ketua Fraksi PKS DPRD DS Berharap Veteran dan Perintis Kemerdekaan Masuk Peserta PBI

Rabu, 19 Agustus 2020 | 12:39 WIB

 

Deli Serdang, MPOL: Capaian kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seharusnya diproyeksikan pada khidmat terhadap masyarakat, nyatanya masih berkutat pada pelaksanaan kegiatan rutin tahunan yang subtansinya belum menyentuh kebutuhan rakyat secara mendasar.

        Hal itu dikatakan ketua Fraksi PKS DPRD Deli Serdang (DS) Cece Moh Romli, pada rapat pra KUA/PPAS, kemarin di ruang komisi IV.
        “Program program yang sejatinya mengejawantahkan janji janji kampanye kepala daerah (bupati) pada tahun kedua sebagaimana sudah tertuang pada perda RPJMD, semoga tahun ini janji kampanye pembangunan tetap dapat terpenuhi walaupun banyak sektor terpengaruh oleh kondisi wabah, minimal ada tidak sampai blass (kosong) diluar target” cetus politisi PKS ini.
        Pada rapat pra KUA/PPAS itu juga di hadiri Kadis Kesehatan Deli Serdang, Cece juga pertanyakan adalah adanya pengurangan kepesertaan JKN-KIS dari Provinsi sebanyak 29,266 orang, menurutnya jumlah yang sangat banyak. Dan baru bisa di cover oleh Kabupaten Deli Serdang hanya 21.822 orang dari pengurangan Provinsi tersebut.
        ” Kita mempertanyakan kepada Pemprov sumut mengapa kepesertaan penerima iuran JKN-KIS diberhentikan..? Sehingga berdampak pada pelayanan kesehatan masyarakat. Akibatnya, masyarakat Deli Serdang menjadi lebih sedikit yang di cover kesehatannya melalui program Penerima Bantuan Iuran (PBI) Kabupaten yang terbatas”, cetusnya.
        Lebih lanjut Cece mengatakan, total peserta PBI Provinsi di Kab Deli Serdang sebelum dikurangi 48.590 orang. Dan diberhentikan 29,266 orang, sementara yang bisa dicover Kabupaten Deli Serdang hanya 21.822 orang.
        “Dari total PBI Kabupaten Deli Serdang sebanyak 132.031 orang ditambah beban pelimpahan dari Provinsi diatas, peluang warga masyarakat Deli Serdang menjadi lebih kecil untuk tercover JKN KIS”, ujarnya.
        Pada rapat itu, anggota DPRD Deli Serdang dua priode ini meminta secara khusus agar data anggota Veteran yang hanya sejumlah 722 dan perintis kemerdekaan 4 orang dimasukkan sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI), agar iuran BPJS sepenuhnya dibayar oleh Negara dalam hal ini oleh APBD Deli Serdang paling tidak menghargai dan menjadi kado kemerdekaan dari Pemerintahan daerah.**