Ketua DPRD Langkat Tinjau Kesiapan Puskesmas Tangani Virus Corona

Jumat, 3 April 2020 | 02:39 WIB

Langkat – Ketua DPRD Kabupaten Langkat lakukan peninjauan untuk melihat kesiapan puskesmas-puskesmas di Kabupaten Langkat dalam menangani pandemi virus corona (covid – 19)

Peninjauan ini dilakukannya ke Puskesmas Kecamatan Selesai sekaligus untuk memeriksakan kesehatannya dalam menyahuti surat Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Langkat, Kamis (2/4/2020)

Kedatangan Ketua DPRD yang secara mendadak, tidak menjadi penghalang bagi Puskesmas Kecamatan Selesai dengan kesiapannya untuk memutus penyebaran virus corona dengan menyediakan perlengkapan cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, pengaturan jarak kursi tunggu pasien dan ruang pemeriksaan yang didalamnya terdapat petugas dengan berpakaian APD.

Ketua DPRD Langkat, Surialam, SE menyampaikan kepada para dokter puskesmas yang menerimanya, bahwa dirinya telah menandatangani surat yang ditujukan kepada pimpinan dan anggota DPRD Langkat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terkait virus corona ini.

“Tolong nanti dibantu pemeriksaan kesehatan anggota DPRD Langkat, karena setiap anggota DPRD Langkat akan memeriksakan ke puskesmas berdasarkan daerah pemilihannya,” ucap Surialam.

Dalam peninjauan itu, Surialam menanyakan bantuan-bantuan yang telah diterima Puskesmas Kecamatan Selesai dari Tim Kabupaten terkait penanganan covid.

drg. Ernani selaku petugas menyatakan bahwa telah disalurkan perlengkapan seperti masker, sarung tangan, namun baju APD (alat pelindung diri) belum sampai, tapi Puskesmas Kecamatan Selesai berinisiatif menyiapkan baju dari bahan plastik pengganti APD.

Usai peninjauan, Ketua DPRD melanjutkan kegiatan dengan mengunjungi kantor Camat Selesai. Disana ia menanyakan kesiapan desa dalam membuat Peraturan Desa sebagai dasar pencairan Dana Desa yang akan digunakan untuk pencegahan virus corona.

Camat Selesai, Robby Deritawan Sitepu, SE. M.SP menyakinkan bahwa desa-desa yang berada di wilayahnya sudah menyiapkan Peraturan Desa. “Saya sebagai Camat terus bekerja keras mengingatkan semua Kepala Desa di wilayah saya,” ucap Robby. (LB.12)