SPS Sumut Gelar Seminar “Tantangan Media Massa di Era New Normal”

Ketua Dewan Pers: “Pilkada di Tengah Covid-19 Berikan Peran Penting Terhadap Media Massa”

Sabtu, 28 November 2020 | 15:35 WIB

Medan, MPOL: Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumatera Utara menggelar Seminar yang berjudul Tantangan Media Massa di Era Normal dengan menghadirkan Narasumber mewakili dari Dewan Pers, Wakil Ketua Dewan Pers Hendri CH Bangun, Ketua Harian SPS Pusat Januar Primadi Ruswita dan Akademisi USU DR. Iskandar Zulkarnain.

Seminar ini dibuka oleh Kadis Infokom, H. Irman MSi. mewakili Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menerangkan bahwa di masa pandemic ini, media massa harus dapat mencari dan mengejar peluang. “Di tengah tantangan pasti ada peluang,” ujarnya. Pemprovsu memberikan komitmen untuk mengoptimalkan peran media dengan memberikan kritik dan saran yang membangun beserta dengan solusi alternatifnya.

Pemprovsu mengalokasikan dana yang memadai untuk mengoptimalkan usaha yang terdampak Covid-19 salah satunya adalah usaha media massa. Mengakhiri sambutannya beliau berharap semoga seminar ini memberikan distribusi di tengah pandemic Covid-19 berupa masukan yang membangun untuk mewujudkan Sumut yang Bermartabat sekaligus membuka Seminar.

Sementara itu, Ketua SPS Sumut, H. Farianda Putra Sinik,SE memberikan apresiasi kepada Gubernur dan Wakil Gubernur karena telah memberikan bantuan dalam bentuk program berita berbayar seperti Advetorial dan Iklan yang terus bergulir. “Saya merasa tersanjung dengan penerimaan Gubernur Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajeckshah yang menerima dengan waktu on time dan memberikan kesempatan kepada kami untuk mengutarakan tujuan kami dalam waktu yang lama,” sebut Farianda haru. Ketua SPS Sumut berharap dengan adanya Seminar ini dapat memberikan solusi bagaimana media cetak dapat bertahan di masa pandemic ini.

Narasumber pertama mewakili Dewan Pers, Hendri CH Bangun yang juga Wakil Ketua Dewan Pers menyampaikan materi Kebijakan Dewan Pers dalam Menghadapi Reformasi Informasi di Era New Normal mengungkapkan bahwa media ikut bertanggungjawab memelihara situasi kondusif. “Pada kondisi saat ini peran media cetak sangat penting dalam memberikan informasi karena media cetak sudah dapat dibuktikan akurat dibanding media sosial,” jelasnya.

Tambahnya lagi, “Pilkada di Tengah Covid-19 membuat media massa sangat berperan penting dalam penyebaran informasi yang akurat,” paparnya. Kualitas konten sangat menentukan majunya suatu media. Konten yang memberikan inspirasi, dan solidaritas seperti tenaga medis dapat memberikan naiknya pelanggan.

“Media harus mampu beradaptasi dengan kondisi,” demikian dikatakan Ketua harian SPS Pusat, Januar Primadi Ruswita yang juga salah satu narasumber. Jika tidak mampu beradaptasi, maka media tersebut akan tutup. Salah satu cara untuk bertahan adalah membuat konten yang harus menjadi solusi masalah publik. Masa new normal terbagi atas 3 tahapan yaitu Penyelamatan di tahun 2020, kemudian Pemulihan di tahun 2021 dan Penormalan di tahun 2023, itupun jika sudah ditemukan vaksinnya di tahun 2021.

Drs. Iskandar Zulkarnain, MSi, staf pengajar Magister Ilmu Komunikasi Fisip USU mengatakan dengan adanya teknologi digital saat ini, aktivitas masyarakat yang awalnya dilakukan di dunia nyata beralih ke dunia maya, yang disebut juga Era Disrupsi. Hal ini memunculkan kekhawatiran terhadap keberlangsungan media arus utama sebagai pilar yang mengedepankan informasi berkualitas (good journalism). Oleh karena itu media khususnya media cetak harus siap dengan berbagai perubahan. “Media cetak harus menciptakan konten yang dibutuhkan masyarakat,” jelasnya.

Turut hadir dalam Seminar, Sekjen SPS Pusat, Asmono Wikan. Acara yang dilaksanakan di Kasuari Room, Garuda Plaza Hotel, Sabtu (28/11/2020).

Di akhir acara, Ketua SPS Sumut H. Farianda Putra Sinik, SE dan Sekretaris, Rianto Ahgly memberikan piagam penghargaan kepada Narasumber, Ketua Dewan Pers yang diwakili Wakil Ketua Dewan Pers, Hendra CH Bangun, Ketua Harian SPS Pusat Januar Primadi Ruswita dan Akademisi Ilmu Komunikasi Fisip USU Drs. Iskandar Zulkarnain, MSi.