Kesadaran Warga Pakai Masker di Tebing Tinggi Meningkat, Kepatuhan Pakai Helm Menurun

Selasa, 28 September 2021 | 12:58 WIB
Tebing Tinggi, MPOL : Kesadaran warga Kota Tebingtinggi dalam menerapkan Protokol Kesehatan khususnya dalam pemakaian masker meningkat. Namun kepatuhan para pengendara sepedamotor dalam menggunakan helm menurun selama pandemi Covid-19.
Hal ini diketahui saat Satlantas Polres Tebingtinggi menggelar Operasi Patuh Toba 2021, Selasa (28/9/2021) di Jalinsum Gatot Subroto Kelurahan Pabatu Kota Tebingtinggi.
Pantauan MPOL dilapangan saat Razia Patuh Toba, terlihat puluhan warga pengendara sepedamotor kedapatan tidak menggunakan helm. Walaupun masih ada juga warga lainnya yang tidak menggunakan masker, namun kesadaran masyarakat meningkat dalam pemakaian masker.
Bagi warga yang tidak memakai masker petugas memberikan masker gratis dan penindakan berupa pengucapan Pancasila, serta pemahaman pentingnya menggunakan helm dalam keselamatan berkendara. Tidak hanya warga pengendara roda dua, petugas juga menghentikan pengendara roda empat dan bus yang melintas. Saat dirazia, hanya kedapatan supir dan satu orang penumpang bus tidak memakai masker.
IPTU M. Samosir Kanit Patroli Satlantas Polres Tebingtinggi didampingi Kasi Humas Polres Tebingtinggi IPTU Agus Arianto kepada MPOL menjelaskan, dalam Operasi Patuh Toba hingga hari ini, kesadaran masyarakat dalam memakai masker cukup tinggi. Namun masyarakat pengguna roda dua rata-rata tidak menggunakan helm, katanya.
“Sesuai dengan petunjuk pimpinan, kita melakukan tindakan prepentif. Kita meyampaikan himbauan sosialisasi kemasyarakat agar tertib berlalu lintas, khususnya juga dibidang penerapan Protokol Kesehatan dalam upaya memutus matarantai Covid-19,” ucap Samosir.
Kepada masyarakat pengguna sepedamotor, Kanit Patroli berharap, dengan sosialisasi dan himbauan yang disampaikan masyarakat sadar diri untuk tertib berlalu lintas khususnya dalam menggunakan helm, tutup IPTU Samosir. **