Polres Tanah Karo Temukan Ladang Ganja Di Desa Beganding

Selasa, 15 September 2020 | 18:35 WIB

Tanah Karo, MPOL: Satres Narkoba Polres Tanah Karo, menemukan ladang ganja di Desa Beganding tepatnya di perladangan Melas, Desa Baganding, Selasa (15/9/2020) siang.

Dari pengungkapan kasus narkotika ini petugas meringkus dua tersangka dan barang bukti ganja seberat 200 gram dan 117 batang daun ganja siap panen.

Kapolres Tanah Karo, AKBP Yustinus Setyo melalui Kasubbag Humas, Iptu Shahril, dalam keterangnya kepada wartawan Selasa (15/9/2020) mengatakan kasus inomi terungkap bermula dari ringkusnya seorang pria lagi transaksi narkoba jenis daun ganja di jalan umum Desa Kacaribu, Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo, Senin (14/9/2020) kemarin.

Tersangkanya Johan S. Tampubolon (53) warga jalan Kota Cane,  Gg. Rezekita, Kabupaten Kabanjahe, Sumut.

Selain tersangka, petugas menyita barang bukti plastik assoy merah berisi daun ganja lengkap dengan ranting dan biji daun ganja yang dibalut dengan satu lembar kertas warna coklat yang beratnya 200 gram, bungkusan kertas tembakau merk Parikesit di dalam jaket tersangka, handphone dan sepeda motor Yamaha Vixon.

Kepada petugas, tersangka mengaku ganja itu didapat dari  Mawan Sitepu.

Dari nyanyian tersangka, petugas meringkus Mawan Sitepu (41), dari rumahnya di Desa Beganding Kecamatan Simpang Empat Kabupaten  Karo, Selasa (15/9/2020) dinihari.

Ketika dilakukan interogasi, tersangka Mawan menjelaskan bahwa ganja yang dijualnya merupakan hasil menanam ganja di Desa Beganding tepatnya di perladangan Melas di desa tersebut.

Lantas hari itu juga sekitar pukul 09.00 Wib, kata Kasubbag, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo didampingi  Kasat Narkoba AKP Hendrik Tobing, Kasat Sabhara AKP Endha Tarigan, dan Kasi Propam Ipda El. Situmorang, bersama kedua tersangka (Johan dan Mawan) kelokasi penanaman Ganja di Perladangan Juma Melas.

Dilokasi itu, Mawan menunjukkan empat lokasi tanaman ganja dan dari lokasi petugas menyita 117 batang pohon Ganja.

“Untuk proses lebih lanjut tersangka bersama barang bukti di Bawa ke Polres Tanah Karo jalan Veteran Kabanjahe,” ujar Kasubbag Humas, Iptu Shahril. (*)