Kapendam I/BB Tinjau Pelaksanaan TMMD Ke 109 Di Kecamatan Tarabintang Humbahas

Sabtu, 10 Oktober 2020 | 20:41 WIB

Taput, MPOL: Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I Bukit Barisan Kolonel (Inf) Zeni Djunaidhi bersama Dandim 0210/TU Letkol Czi Agus Roni Widodo tinjau pelaksanaan TMMD ke 109 diwilayah kerja Kodim 0210/TU tepatnya di Dusun Gaman Desa Sihastoruan dan Desa Marpadan Kecamatan Tarabintang Kabupaten Humbang Hasundutan.

Dilokasi, Kapendam I/BB meninjau pembukaan jalan sepanjang 5 KM dan pembangunan gorong-gorong dari Desa Sihastoruan ke Desa Marpadan.

Kepada wartawan Kolonel Zeni Djunaidhi mengatakan, terpilihnya Desa Sihastoruan masuk dalam program TMMD ke 109 melalui musyawarah perencanaan pembangunan yang dimulai dari tingkat kecamatan hingga pemerintah daerah khususnya di wilayah Kabupaten Humbahas.

Melalui tema mengabdi untuk negeri, program TMMD ini merupakan lintas sektoral yang melibatkan seluruh Stakeholders terkait, baik itu TNI, Polri dan pemerintah daerah.

” Yang mempunyai tujuan dalam rangka membantu proses percepatan pembangunan daerah, khususnya di Kecamatan Tarabintang,” ucap Kapendam/BB Kolonel (Inf) Zeni Djunaidhi dalam keterangan persnya kepada wartawan, Sabtu (09/10/2020) di Dusun Gaman Desa Sihastoruan Kecamatan Tarabintang.

Pembukaan jalan dari Dusun Gaman Desa Sihastoruan menuju Desa Marpadan sepanjang 5 KM dengan lebar 6 meter ini untuk memudahkan akses jalan dan transportasi warga dalam mengolah hasil bumi.

” Kita ketahui, bahwa di Dusun Gaman ini salah satu penghasil parang. Jadi, pembukaan jalan ini untuk memudahkan warga tersebut dalam pendistribusiannya,” sebutnya.

Saat ditanyai wartawan bagaimana sambutan warga terhadap program TMMD ke 109, Kapendam mengakui bahwa sambutan warga begitu luar biasa.

Antusias warga baik itu kaum ibu-ibu dan anak-anak begitu luar biasa. Tidak kenal lelah, terus ikut untuk menyelesaikan program TMMD ini.

” Saya bangga, ibu-ibu mampu menjadi orang tua asuh bagi prajurit yang bertugas untuk menyelesaikan pekerjaan ini,’ cetusnya.

Ada point yang kita anggap sebagai nilai positip dalam pelaksanaan TMMS ke 109, banyak kegiatan yang dilakukan prajurit diluar dari pekerjaan pisik.

” Ada penyuluhan pertanian, Pengembangan kemajuan Pertanian dan peningkatan sarana olah raga yang nantinya akan meningkatkan tatanan masyarakat untuk lebih leluasa disaat pasukan Kodim 0210. Melaksanakan tugas di daerah ini,” pungkasnya.

Dalam kunjungan itu, Kapengdam I/BB bersama jajarannya ikut memperdayakan warga agar masyarakat turut serta menjaga tugas yang telah dilaksanakan prajurit Kodim 0210/TU.

“Saya bangga dengan kinerja Pak Dandim 0210/TU yang membuat kebijakan memprogramkan kegiatan TMMD dengan pembangunan rehab rumah warga yang masuk ketegori rumah tidak layak huni. Intinya, program TMMD ke 109 tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. TNI akan selalu dengan masyarakat dan untuk masyarakat,” cetusnya.**