Jumat Berkah di Masjid Al-Ikhlas Pomdam I/BB

Sabtu, 15 Februari 2020 | 14:49 WIB

Medan (medanposonline.com)Komandan Pomdam I/Bukit Barisan, Kolonel Cpm Sudarma Setiawan mengajak masyarakat sekitar dan seluruh prajurit Pomdam I/BB makan siang bersama di Masjid Al-Ikhlas Mapomdam I/BB Jalan Sena Kota Medan, Jumat (14/2). Kegiatan bertema Jumat berkah ini rutin digelar setiap minggu.

Namun, pada Jumat kali ini digelar agak berbeda, karena Jumat berkah minggu ini dilaksanakan sekaligus dengan acara syukuran hari ulang tahun Danpomdam I/BB Kolonel Cpm Sudarma Setiawan yang ke-47. Syukuran Jumat berkah ini dimulai dengan salat Jumat yang dipimpin ustaz Arfan Hendra Nasution, SPdI. Usai khotbah dan salah berjemaah dilanjutkan dengan doa bersama yang diikuti pimpinan dan para pejabat serta prajurit Pomdam I/BB dan unsur masyarakat.

Selesai berdoa bersama, lalu acara syukuran dilanjutkan dengan makan bersama dengan berbagai sajian yang dihidangkan. Menariknya, di sela-sela momen kebersamaan itu, prajurit Pomdam I/BB bersama PNS dan anggota Persit memberi kejutan kepada Danpomdam I/BB dengan membawakan sejumlah kue ulang tahun. Semakin haru diiringi dengan nyanyian dari seluruh hadirin pada kesempatan bahagia itu. Suka cita tampak dalam syukuran yang penuh nilai kekeluargaan itu. Danpomdam lalu memotong kue ulang tahun dan membagi-bagikannya kepada hadirin.

Diketahui, Masjid Al-Ikhlas kebanggaan Pomdam I/BB yang telah diresmikan beberapa waktu lalu ini menjadi pusat kegiatan ibadah muslim yang selalu ramai di lingkungan tersebut. Hal ini dibuktikan, pada pelaksanaan salat Jumat berjemaah di masjid itu hampir tidak mampu menampung jumlah jemaah. Walau pun ukuran dan luas masjid tidak begitu besar dengan jumlah jemaah Jumat begitu banyak, namun hal ini bisa diatasi dengan dipasangnya beberapa unit tenda serba guna untuk menampung jemaah. Ramainya jemaah disinyalir karena lokasi strategis, misalnya dekat dengan perkantoran dan hotel.

Ustaz Arfan Hendra Nasution, SPdI menyampaikan, apresiasi dan kebanggaan terhadap Danpomdam I/BB yang ia nilai mampu menjaga semangat kekompakan dan kekeluargaan di lingkungan Pomdam I/BB. “Luar biasa ya, komandan di satuan ini bisa begini kompak bersama anggotanya. Lalu memaknai hari ulang tahun dengan kegiatan syukuran yang bernuansa religi semacam ini. Dan saya salut, selama saya mengisi di masjid ini, komandannya selalu ada,” tukasnya.

Ia mengharapkan, figur komandan atau pimpinan seperti Danpomdam I/BB bisa menjadi inspirasi bagi institusi atau lembaga lainnya. “Mudah-mudahan, semakin banyak pimpinan kita yang seperti ini, dekat dan bisa menyatu dengan anggota dan bawahannya. Juga memberikan nuansa kepemimpinan yang baik dan religius di satuannya,” pungkasnya.

Usai makan siang bersama, Danpomdam I/BB lalu beramah tamah dan bersalaman dengan prajurit, hadiri dan jemaah yang mengikuti syukuran tersebut. Diketahui, setiap Jumat selesai salat, masjid ini menyediakan paket makan siang bagi jemaah. (Dro).