Jelang HUT Bhayangkara, Polres Langkat Tangkap Kurir Bawa 1 Kg Sabu

Kamis, 30 Juni 2022 | 19:43 WIB

Langkat, MPOL : Menjelang HUT Bhayangkara yang ke 76 tanggal 1 Juli, Polres Langkat berhasil mengungkap kasus narkotika jenis sabu dengan menangkap seorang kurirnya. Dalam pengungkapan itu, polisi mengamankan seorang tersangka Surya Darma (45) warga Dusun IX Tangkahan Pinang Timur, Desa Air Hitam, Kec. Gebang, Kab. Langkat.

Kapolres Langkat, AKBP Danu Pamungkas Totok mengatakan, tersangka ditangkap saat mengendarai sepeda motor Vixion tanpa plat polisi melintas di Dusun XI Desa Halaban Jati, Kec. Besitang, Kab. Langkat, Kamis (30/6/2022) sekira pukul 00.10 WIB.

“Kita mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada seorang pria mengendarai sepeda motor membawa sabu,” kata Danu Pamungkas, Kamis (30/6/2022).

Danu menjelaskan, berbekal informasi tersebut, petugas kemudian melakukan penyelidikan. Setelah mengantongi ciri-ciri tersangka, petugas lalu bergerak ke lokasi dan berhasil memberhentikan laju kendaraan yang dikemudikan tersangka.

Ketika digeledah, petugas menemukan barang bukti tiga bungkus plastik klip transparan yang dilakban warna coklat berisi sabu dengan berat satu kilogram.

“Menurut pengakuan tersangka, dia tidak mengetahui bahwa sabu tersebut milik siapa. Namun, salah seorang temannya berinisial PT memberikan nomor handphone tersangka kepada teman PT. Akan tetapi, tersangka tidak mengetahui siapa nama orang tersebut,” jelas Danu.

Selain itu, saat tersangka menanyakan siapa nama orang yang akan ditemuinya, PT tidak mau memberitahukan tersangka dan mengatakan komunikasi mereka hanya melalui hp.

“Jadi, tersangka ini disuruh hanya mengantarkan sabu ke Binjai dengan upah Rp. 7 juta dan pelaku pun mengiyakannya. Namun, tersangka tidak mengetahui akan diantar kepada siapa barang haram tersebut. Tapi, jika sudah sampai di Binjai akan dihubungi lagi oleh teman PT,” ungkapnya.

Naas bagi tersangka, belum sempat sabu itu diantar, dia keburu ditangkap petugas Satres Narkoba Polres Langkat. *