HUT Ke-46, IPMD Bersama UNPAB Berbagi Paket Santunan

Rabu, 8 Januari 2020 | 11:10 WIB

Hamparan Perak – Ikatan Pelajar Mahasiswa Deli (IPMD) menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-46, dalam satu acara di Taman Mesjid Nur Al-Siba Desa Sei Baharu, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin (30/12/2019).

Desa Sei Baharu adalah tempat awal berdirinya IPMD pada 30 Desember 1973 lalu. Sejak berdiri, IPMD yang merupakan yayasan beasiswa tersebut sudah banyak menorehkan sejarah di bidang pendidikan generasi muda Melayu, terutama dalam memberikan beasiswa.

Menurut salah satu pendirinya, H Syarifuddin Siba SH,M.Hum, Yayasan Pendidikan Beasiswa (YPB) IPMD itu didirikan dengan dilandasi semangat keprihatinan tentang betapa susahnya meraih cita-cita akibat ketiadaan dana meski semangat untuk meraih cita-cita sangat tinggi. Maka, IPMD lahir berkat manifestasi kesadaran berkumpul anak nelayan dan petani miskin, nestapa hina putus sekolah, terlunta mencari jalan untuk sekolah.

Hadir pada acara tersebut selain pendiri, juga para pengurus IPMD, pejuang-pejuang IPMD, alumni, mahasiswa, pelajar dan berbagai elemen tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat, tokoh pemuda serta undangan lainnya.Juga hadir Rektor UNPAB yang di Wakili Rektor III Hasrul Hasibun MSi.

Pada kesempatan itu pengurus IPMD berbagi dan bekerjasama dengan pihak UNPAB yang juga dalam suasana melaksanakan peringatan milad ke-58, memberikan paket santunan kepada anak yatim piatu pantai timur serta pengurus BKM Mesjid di Kec Hamparan Perak. Pada momen yang sama juga dilakukan penyerahan SK Penerima Biasiswa IPMD Angkatan ke 41 .

Syarifuddin Siba selaku pendiri dan Pembina YPB IPMD mengajak semua peserta IPMD untuk bersemangat sekolah agar jangan bisa maju dan mencapai sukses. “Soal biaya akan dicarikan IPMD, karena IPMD ini itulah kerjanya. Dari dan semua alumni adalah kerjanya mencarikan biaya itu juga,” ujarnya.

Selain itu ia juga mengapresiasi komitmen dari pihak UNPAB yang disampaikan WR 3 UNPAB sebelumnya di acara tersebut, yaitu akan terus membantu anak-anak desa dan siswa/i berprestasi untuk mendapatkan biasiswa yang diutamakan demi mujudkan cita-cita bangsa, khususnya niat suci IPMD yang telah berdiri dan eksis dalam bidang pendidikan khususnya.

Menurut ketua panitia, OK Hatta SH, kegiatan peringatan HUT ini adalah bagian rutin dari IPMD yang dilakukan setiap tahun. Tahun ini rangkaian kegiatannya berupa ziarah bersama ke makam para pendiri dan pengurus IPMD, doa bersama serta syukuran dan saling berbagi dengan sesama. (am)