Pangdam : Kodam I/BB Siap Mendukung Program  Food Estate di Kab Humbahas

Selasa, 23 Maret 2021 | 19:49 WIB

Dolok Sanggul,

Kunjungan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ke wilayah Korem 023/KS, di Kabupaten Humbahas dalam Rangka Panen Raya Kentang dan penandatanganan Nota kesepahaman Pengembangan Food Estate  di Desa Siria-ria Kec Pollung Kab Humbahas.

Pengembangan Food estate ini merupakan program Pemerintah agar lahan-lahan dapat dioptimalkan sehingga dapat meningkatkan nilai komoditi pertanian yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Pengembangan kawasan Food Estate nantinya akan menjadi salah satu program prioritas Kementerian Pertanian (Kementan) pada tahun ini. Komoditas utama yang dikembangkan meliputi kentang sebagai bahan baku industri, bawang merah dan bawang putih.

Kegiatan dilanjutkan penandatangan nota kesepahaman pengembangan Food Estate Kab Humbahas antara lain:

– Penandatangan Dirjen Hortikultura dengan USU

– Penandatanganan IT Del dengan USU

– Penandatangan dengan Bank BRI, Bank Mandiri.

Usai penandatangan Nota Kesepahaman, Menko Kemaritiman dan Investasi berkesempatan untuk memberikan pengarahan kepada para Poktan. Dalam pengarahannya Menko Kemaritiman dan Investasi mengatakan agar para Poktan untuk merawat tanaman yang ada di Food Estate Kab Humbahas dan Pengolahan Enceng gondok di kawasan Danau Toba untuk dimanfaatkan jadi pupuk untuk tumbuhan Hortikultura.

Menko Kemaritiman dan Investasi beserta  rombongan melanjutkan kegiatan ke lokasi Peresmian Lahan Pengembangan Food Estate Tahap II  seluas 785 Ha di Desa Hutajulu Kec Pollung Kab Himbahas.

Dikesempatan yang sama Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin mengatakan bahwa Kodam I/BB siap mendukung program Pemerintah dalam menciptakan lumbung pangan nasional guna memenuhi kebutuhan pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Sumut.

Hadir dalam acara kegiatan antara lain Menteri Pertanian,  Menteri PUPR RI Bapak, Kepala Badan Siber Sandi Negara,  Bupati Humbahas dan Forkopimda Kab Humbahas. (jay)