HKBP Pearaja “Role Model” Awal Pelaksanaan Ibadah di Era New Normal

Sabtu, 30 Mei 2020 | 13:32 WIB
Taput,MPOL.Com: Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Pemkab Taput) akhirnya menyepakati untuk memulai beribadah di era New Normal di Gereja HKBP Pearaja Tarutung, Minggu 31 Mei 2020.
“Besok kita akan cek langsung, apakah sudah sesuai SOP pelaksanaan ibadahnya lalu kita  videokan sebagai “Role Model” awal cara  beribadah. Intinya, pelan-pelan saja kita buka untuk Gereja lainnya,” ujar Bupati Taput Drs. Nikson Nababan kepada wartawan, Sabtu (30/5).
Gereja juga harus menyepakati beberapa ketentuan dalam pelaksanaan tata cara beribadah yang berpedoman pada protokoler kesehatan Covid-19. “Harus pakai masker, Physical Distancing dan wajib cuci tangan. Kalau tidak sesuai dengan ketentuan, ya kita tutup lagi,” tegas Nikson yang didampingi Dandim 0210/TU Letkol Roni Widodo.
Nikson juga mengatakan, Jumat 5 Juni 2020 pelaksanaan beribadah di mesjid akan dibuka. “Tidak ada bedanya tata cara pelaksanaanya dengan Gereja harus mengacu pada protokoler kesehatan Covid-19,” ucap Nikson yang pada kesempatan itu didamping Wakapolres Kompol Mukin Rambe.
Agustus Sudah Masuk
Bulan Agustus lanjut Nikson, sekolah akan dibuka dengan sistem sip-sip an atau belajar berbagi dengan waktu belajar 2 jam. “Jam 8 hingga jam 10 kelas I hingga III, jam 10 hingga jam 12 kelas IV sampai kelas VI. Begitu juga untuk SMP,” terangnya.
Tidak ada istilah reses, karena reses itu beresiko.  Dalam hal ini, dipadatkan saja mata pelajarannya supaya bisa terpenuhi. “Setiap sekolah terapkan wajib pakai masker bagi guru dan murid, tempat cuci tangan juga  harus ada. Alat kesehatan berupa Thermo Gain harus ada,” ungkap Nikson.
Pada saat itu juga, Bupati Taput Drs. Nikson Nababan bersama Forkopimda Taput meninjau tata cara pelaksanaan ibadah sebagai Role Model di HKBP Pearaja Tarutung untuk diterapkan di Gereja lainnya. **