Eko Sopianto : PDI Perjuangan Bukan Berideologi Komunis Tapi Berideologi Pancasila

Selasa, 30 Juni 2020 | 19:37 WIB
Deli Serdang, MPOL: Ratusan kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan mengibarkan dan mendirikan ratusan bendera partai di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) kawasan Lubuka Pakam Kabupaten Deli Serdang, Selasa, (30/6/2020).
Aksi ini sebagai bentuk perlawanan atas adanya aksi pembakaran bendera partai mereka di Jakarta beberapa waktu lalu. Bendera paling banyak ditempatkan di depan kantor Bupati Deli Serdang.
Sebelum massa mendirikan tiang bendera di Jalinsum, terlebih dahulu massa melakukan longmarch. Mereka bergerak dari Kantor DPC PDIP Deli Serdang yang berada di Jln Karya Jasa Lubuk Pakam. Tampak saat itu aksi dipimpin oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Deli Serdang, Eko Sopianto.
Eko bersama beberapa pengurus Partai diantaranya Bendahara DPC PDI Perjuangan Agustiawan Saragih, wakil ketua bidang Idiologi dan Kaderisasi Amit Damanik, serta Joni Keliat, Syahminan Nasution dan Antoni Napitupulu tampak semangat melakukan aksi longmarch.
Ketua DPC PDI Perjuangan Eko Sopianto mengatakan, sebelum mereka melakukan aksi longmarch dan mendirikan bendera partai.Sebelumnya perwakilan pengurus partai mendatangi Polresta Deli Serdang.
Kepada Kapolresta, Kombes Pol Yemi Mandagi mereka pun menyampaikan delapan poin pernyataan sikap DPC PDIP Deli Serdang terkait insiden pembakaran bendera. Disebut kalau insiden itu sangat menyakiti dan menyayat hati seluruh kader.
” Saya tegaskan bahwa PDI Perjuangan bukanlah partai yang berideologi komunis seperti yang selalu dilekatkan pada kami. Partai kami ini partai yang berideologikan Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah hidup bangsa sehingga satu tarikan nafas dengan ruh perjuangan kami. Kami meminta agar polisi dapat mengusut tuntas insiden pembakaran bendera PDI Perjuangan yang dilakukan saat aksi penolakan RUU HIP tanggal 24 Juni lalu dan tangkap pelaku pembakar bendera,” cetus Eko Sopianto.
Pihaknya berharap agar insiden serupa tidak lagi terulang lagi di seluruh pelosok Nusantara khususnya di wilayah hukum Kabupaten Deli Serdang. Ditegaskan kalau mereka mendukung sepenuhnya kepada Polri untuk mengambil langkah preventif agar situasi dan kondisi tetap terjaga.**