Dinilai Banyak Memperjuangkan Kepentingan Masyarakat Humbahas,  Anggota DPR Jhoni Allen Marbun Disuguhi Hadiah Khas Madu Hutan Tarabintang

Jumat, 17 Juli 2020 | 20:55 WIB

Humbahas, MPOL: Masyarakat Pakkat, Parlilitan, Tara Bintang (Papatar), Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) memberi hadiah spesifik berupa Madu Hutan Tarabintang kepada Anggota DPR/MPR-RI, Jhoni Allen Marbun. Pemberian hadiah khas dari warga Papatar itu, karena Jhoni Allen Marbun dinilai telah banyak memperjuangkan berbagai kepentingan masyarakat di Humbahas.

Hadiah spontan itu diserahkan tokoh masyarakat Papatar, usai Sosialisasi Empat Pilar MPR-RI yang dilakukan Jhoni Allen Marbun kepada masyarakat Papatar di Gedung Serba Guna HKBP Sihombu, Tara Bintang, Humbahas, Sabtu ( 11/7/2020) lalu.

Dengan hadiah spontan ini membuat Jhoni Allen Marbun kaget, karena sebelumnya ia tidak menyangka akan adanya hadiah dari masyarakat. Sebab Jhoni Allen Marbun merupakan putra Humbahas yang kini menjadi anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat selama empat periode.

“Hadiah ini atas kebanggaran kami melihat perjuangan dan kinerja Bapak Jhoni Allen Marbun yang sungguh luar biasa terhadap kampung kami di Humbahas ini”, kata tokoh masyarakat Papatar saat memberi hadiah.

Ia mencontohkan, begitu banyak kegiatan bedah rumah yang telah dilakukan anggota Komisi V  DPR RI, Jhoni Allen Marbun di Humbahas. Yakni ditahun 2019 telah melakukan kegiatan bedah rumah sebanyak 1.600 unit dan tahun 2020 sebanyak 2.000 unit bedah rumah.

Untuk tahun 2020 di  Kabupaten Humbahas, Jhoni Allen Marbun telah memperjuangkan anggaran sebesar Rp 281,3 miliar melalui aspirasi dengan mitra kerjanya untuk berbagai sektor pembangunan. Diantaranya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yaitu program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) sebesar Rp 3 miliar yang pelaksanaannya di Kelurahan Bona Ni Onan Kecamatan Dolok Sanggul, Kelurahan Onang Ganjang, Kecamatan Onanganjang dan Kelurahan Pakkat Hauagong Kecamatan Pakkat.

Untuk Pengembangan Infrastuktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) sebesar Rp 4,2 miliar yang tersebar di 7 Kecamatan yaitu di Desa Parnapa dan Desa Sibuluan Kecamatan Onanganjang,  Desa Siborboron dan Desa Hutaginjang Kecamatan Sijamapolang, Desa Aek Lung dan Desa Lumban Purba Kecamatan  Dolok Sanggul, Desa Siponjot dan Desa Sitolu Bahal Kecamatan Lintong Nihuta, Desa Lobu Tolong dan Desa Paranginan Utara Kecamatan Paranginan, Desa Marbun Toruan dan Desa Marbun Tonga Kecamatan Baktiraja serta Desa Parsingguran I dan Desa Parsingguran II Kecamatan Pollung.

Anggaran dari Dirjen Sumber Daya Air, yakni Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) di 65 titik senilai 12,675 miliar dan Tahun 2019 sebanyak 50 titik senilai 9,750 miliar, pengendalian daya rusak Aek Silang Bakkara tahap 1 dan tahap 2 sebesar Rp 30 miliar, pengendalian banjir Sungai Aek Sibundong Dolok Sanggul Rp 9,8 miliar, dan pembangunan jaringan pipa transmisi air baku Tarabintang Rp 6 miliar.

Anggaran dari Dirjen Bina Marga yakni, pembangunan Jembatan Gantung Aek Sisira, Desa Sijarango 1 (menghubungkan Pakkat-Tara Bintang) sebesar Rp 3,5 miliar, pembangunan jalan Gonting Bulu-Simargaronsang ( Dolok Sanggul By Pass) sebesar Rp 33 miliar. Pembangunan jalan lingkar pesisir Danau Toba untuk koneksitas 7 Kabupaten sebesar Rp 22 miliar, preservasi jalan Jembatan batas Kabupaten Dairi-Dolok Sanggul (pelebaran jalan menuju standart) sebesar Rp 47 miliar dan preservasi jalan jembatan Dolok Sanggul- Siborong borong (pelebaran jalan menuju standart) sebesar Rp 63 miliar.

Sementara anggaran dari Dirjen Peenyediaan perumahan yakni Bantuan Stimulant Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang dikenal Bedah Rumah sebanyak 2.000 titik setara Rp 35 miliar.

Sedangkan dari Kementerian Perhubungan, untuk pembangunan Pelabuhan Bakkara Danau Toba Tahap-I dan Tahap-II sebesar Rp 22 miliar. Sehingga total anggaran yang diperjuangkan anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat tersebut ke Kabupaten Humbahas sebesar Rp 291,05 miliar.

Karenanya masyarakat Humbahas sangat berterimakasih kepada Jhoni Allen Marbun, “Anak Guru Dari Desa” tersebut hingga menyuguhkan hadiah spesifik berupa hasil hutan, Madu Hutan Tarabintang.**