Tes Kemampuan Personel, Polresta Deli Serdang Gelar Lomba Olah TKP

Selasa, 14 Juni 2022 | 06:42 WIB

Deli Serdang, MPOL : Dalam rangka Hut Bhayangkara Ke-76 Tahun 2022, Polresta Deli Serdang gelar lomba olah TKP atau yang disingkat dengan TPTKP ( Tindak Pengamanan Tempat Kejadian Perkara).

Lomba yang diadakan di halaman Rumah Isolasi Asrama Polresta Deli Serdang pada Sabtu (11/06), dibuka langsung oleh Waka Polresta Deli Serdang, AKBP.Agus Sugiyarso, SIK, didampingi Kasat Reskrim, Kompol. I Kadek Hery Cahyadi, SIK, MH.

Dalam paparannya, AKBP. Agus mengatakan, tujuan dari lomba ini guna tes kemampuan personel, “sekaligus untuk meningkatkan kompetensi anggota polisi”, sebutnya.

Adapun tahapan yang menjadi penilaian dasar dalam lomba ini, yakni, penatalaksanaan Standart Operating Procedure (SOP), dimulai dari saat mendatangi TKP, lanjut ke tahap pelaksanaan olah TKP, hingga ke tahap konsolidasi setelah selesai pelaksanaan olah TKP.

“Para peserta melakukan simulasi olah TKP kasus bunuh diri dan pembunuhan. Jadi penilaiannya ada lima indikator, SOP nya, kekompakan, ketelitian, penampilan dan kecepatannya,” jelasnya.

AKBP. Agus pun mengakui, meskipun personel sering melakukan olah TKP secara nyata, namun dalam waktu pendek yang diberikan oleh panitia lomba, pesertanya masih mengalami kesulitan.

“Untuk mengolah suatu tempat kejadian, khususnya kasus pembunuhan, memang membutuhkan waktu yang lama, karena perlu kehati-hatian, kejelian dan detail”, ungkap Agus.

Adapun peserta yang mengikuti lomba ini adalah petugas kepolisian dari seluruh jajaran Polsek di wilayah hukum Polres Deli Serdang.DS.08