Ratusan Buruh Blokade Pintu Masuk KIM STAR Menuntut Kenaikan UMK Deli Serdang

Selasa, 7 Desember 2021 | 18:42 WIB

Deli Serdang, MPOL-AKSI turun ke jalan kembali dilakukan serikat pekerja di Kabupaten Deli Serdang, Senin (06/12), kali ini massa memblokade jalan pintu masuk KIM (Kawasan Industri Medan) Star, yang berada di pinggir Jl.Raya Medan – Tanjung Morawa, Km 18,5.

“Kami minta, pemerintahan Kabupaten Deli Serdang segera memberlakukan kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Deli Serdang”, teriak salah-satu perwakilan massa, Muhammad Darwis, juga selaku Sekjen FSBSI (Federasi Serikat Buruh Sejahtera) Deli Serdang.

Dalam tuntutan lainnya, Darwis juga meminta agar Gubernur Sumut menolak rekomendasi Bupati Deli Serdang tentang UMK yang tidak mengalami kenaikan dalam dua tahun terakhir, dan supaya merevisi rekomendasi tersebut.

Massa buruh yang berjumlah ratusan orang ini berasal dari 10 elemen yang tergabung dalam Koalisi Serikat Buruh Serikat Pekerja Kabupaten Deli Serdang,
aksi blokade itu mereka lakukan sejak pagi hingga siang hari.

Massa selanjutnya bergerak menuju kota medan mengendarai sepeda motor dan mobil pick up yang dilengkapi dengan alat pengeras suara, namun dalam perjalanan dihadang oleh pihak kepolisian agar massa tidak memasuki kota Medan, dan kemudian diarahkan berkumpul di Lapangan Garuda, Simpang Kayu Besar, Tanjung Morawa.

Sementara itu, wakil Bupati Deli Serdang, H.M. Ali Yusuf Siregar mendatangi massa yang telah kembali dan berkumpul di Lapangan Garuda, dihadapan para buruh, Yusuf berjanji akan mengundang perwakilan buruh untuk duduk bersama.

“Dalam waktu dua atau tiga hari ini kita akan mengundang kawan-kawan datang ke Pemkab untuk membicarakan hal ini lagi, saya akan berkordinasi dengan Bupati, saat ini beliau sedang berada di luar kota dan akan kembali tanggal 10 nanti”, jelas Yusuf Siregar didepan massa buruh.

Menanggapi hal itu, Darwis yang masih mewakili para buruh, menyatakan akan kembali turun ke jalan dengan massa yang lebih banyak lagi apa bila Pemkab Deli Serdang tidak menepati janjinya untuk beraudiensi dan memenuhi tuntutan buruh.

Aksi buruh ini dikawal ketat oleh ratusan personil kepolisian dari jajaran Polres Deli Serdang, lewat pengawalan yang humanis, aksi tersebut telah berjalan dengan damai. DS.08