Pertama di Sumut, PWI Deli Serdang Gelar Bimtek Peningkatan SDM Wartawan

Minggu, 4 Desember 2022 | 08:44 WIB

Deli Serdang, MPOL : Dalam rangka meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) wartawan, PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Deli Serdang menggelar kegiatan Bimtek (Bimbingan Teknis) di hotel Green Garden Berastagi, Kamis (01/12).

Kegiatan ini dirangkai dengan Raker (Rapat Kerja) PWI Deli Serdang yang akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 1-3 Desember 2022, dan secara resmi acara ini dibuka oleh Bupati Deli Serdang yang diwakilkan Kadis Kominfo Stan Deli Serdang, Miska Gewasari.

Turut hadir pada acara tersebut, ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik, bersama Sekretaris, Hamonangan R Panggabean, dan Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Sumut, Rifki Warisan.

Ketua PWI Deli Serdang, Lisbon Situmorang, dalam sambutannya mengatakan, peningkatkatan SDM wartawan menurutnya penting dilakukan guna menjaga keprofesionalan wartawan, terkhusus kepada wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI Deli Serdang.

“Wartawan yang profesional, mampu menghasilkan karya jurnalistik yang baik, terutama ia mampu menghindari informasi yang tidak akurat dengan tidak mengambil satu sumber informasi saja yang ternyata masih diragukan”, terang Lisbon.

Belakangan ini, lanjut Lisbon, sering ada kabar viral di media sosial dijadikan oleh sebahagian wartawan sebagai satu-satunya sumber berita, “hal ini sangat riskan, terkadang kabar viral itu ternyata tidak seheboh dengan fakta yang ditemukan di lapangan”, ujarnya.

Untuk itu Lisbon berharap, dengan sajian berita yang baik melalui penggalian informasi yang mendalam oleh wartawan, kepercayaan publik akan semakin meningkat, “hal ini juga selaras dalam mendukung pembangunan Deli Serdang yang maju ke depan”, jelas Lisbon.

Pada kesempatan itu, ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik, dalam kata sambutannya, memberi apresiasi yang baik atas pelaksanaan Bimtek dan Raker yang diselenggarakan PWI Deli Serdang ini.

“Ini patut kami apresiasi, Raker dan Bimtek ini baru pertama-kali diadakan untuk PWI tingkat Kabupaten/Kota yang ada di Sumut, biasanya ini gawe nya pengurus PWI Sumut, tapi PWI Deli Serdang mampu ikut mengadakan, ini bagus, itu tandanya PWI Deli Serdang ikut memperhatikan menjaga keprofesionalan wartawan”, jelas Farianda.

Dorongan positif juga disampaikan oleh Kadiskominfo Stan Deli Serdang, Miska Gewasari atas terselenggaranya acara ini, menurutnya, dengan terjaganya keprofesionalan wartawan, dapat memberi dampak yang baik pula dalam upaya pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah.

“Organisasi profesi ini bisa menjadi contoh yang baik dikalangan wartawan, saya harap, kegiatan seperti ini juga tidak terhenti sampai di sini saja. Wartawan yang kompenten dapat membantu pembangunan daerah, kalau Deli Serdang ini hebat, maka hebat juga PWI Deli Serdang”, tandas Miska dengan semangat akraban.

Adapun Raker dan Bimtek PWI Deli Serdang ini mengikut-sertakan segenap anggota, pengurus dan penasehat dijajaran PWI Deli Serdang dengan materi yang dipaparkan seputar bimbingan menjaga keprofesionalan wartawan dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ).