Keluarga Muslim Nias di Deli Serdang Gelar Pengajian dan Musyawarah Bersama

Senin, 20 Juni 2022 | 20:21 WIB

Deli Serdang, MPOL : Dalam rangka upaya memperkuat ukhuwah islamiyah dan rasa persaudaraan antar sesama, sejumlah keluarga muslim suku Nias di Kabupaten Deli Serdang, Minggu (19/06), menggelar pengajian dan musyawarah bersama.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 30 Kepala Keluarga ini, diadakan di kediaman salah-seorang warga suku Nias, Siti Hajar Ziliwu, di Jl.Printis Kemerdekaan, Lubuk Pakam, Kab.Deli Serdang, Sumut.

Pada pertemuan itu, salah-seorang tokoh masyarakat suku Nias di Kabupaten Deli Serdang, Muhammad Jufri Wa’u, mengungkapkan rasa bangganya atas kegiatan pengajian dan musyawarah ini, ia berharap nantinya hal ini dapat terjaga dalam sebuah ikatan yang lebih erat dan luas.

“Keluarga muslim Nias di Kabupaten Deli Serdang menurut saya perlu tercover dalam sebuah wadah, sekaligus menunjukkan bahwa kita warga suku Nias juga ada bagian dari umat Islam, inilah contoh Bhinneka Tunggal Ika di negeri ini, beragam suku dan beragam pula agama, tapi tetap satu,” kata Jufri.

Saat ini, lanjut Jufri, ada salah-satu organisasi tingkat Sumut yang sedang eksis berjalan, seperti HIKAMUN (Himpunan Keluarga Muslim Nias), menurut Jufri, organisasi itu perlu juga dikembangkan di Deli Serdang.

“Memang cukup banyak organisasi masyarakat suku Nias di Sumatera ini, dan itu bertanda kita merupakan masyarakat yang besar dan berkembang, namun kita tetap satu-kesatuan”, tandas Jufri Wa’u.

Menanggapi wacana itu, seorang warga suku Nias yang di-tuakan asal Kabupaten Serdang Berdagai, Abas Zebua, yang juga merupakan ketua dari salah-satu organisasi masyarat islam Nias di Sergai, turut mengapresiasi rencana pembentukan HIKAMUN di Deli Serdang.

“Saya juga ketua dari organisasi masyarakat muslim Nias di Sergai, saya juga ada anggota di Deli Serdang ini, silahkan bagi saudara-saudara yang lain yang mau membentuk HIKAMUN di Deli Serdang, yang terpenting kita tetap dalam satu kesatuan,” sambut Abas Zebua memperlihatkan sikap persaudaraannya dalam pertemuan tersebut.

Sebelumnya, acara ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dilanjutkan tausiah kajian tentang haji oleh penceramah asal Lubuk Pakam, Ustad Heri, dilanjutkan dengan shalat Ashar berjama’ah, bermusyawarah, dan diakhir acara melakukan fhoto bersama.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua HIKAMUN Sumut, Dra Syamsinar Telaumbanua, pemuda muslim Nias Deli Serdang, Muhammad Fataroli Laia, Dedy Irawan Ziliwu, SH, Mahaeyudin Halawa, dan Hembri Dachi.