Kadis Pendidikan Deli Serdang Hadiri Peletakan Batu Pertama Musholla SDN 101826

Jumat, 2 Desember 2022 | 23:19 WIB

Pancur Batu, MPOL: Gedung Musholla Sekolah Dasar Negeri 101826 di Jalan Pendidikan Tuntungan II, Kecamatan Pancur Batu, Kab. Deli Serdang akhirnya mulai dibangun. Peletakan batu pertama pembangunan mushollah tersebut dilakukan oleh Kadis Pendidikan Deli Serdang Yudy Hilmawan, SE, MM, Jum’at (2/12/22) pagi.

Anggaran untuk membangun gedung mushollah dengan ukuran 5×5 meter dan tinggi 4 meter itu diperkirakan mencapai Rp 76 juta. Sumber dana dari sumbangan para dermawan yang sifatnya tidak mengikat terdiri dari para mantan murid yang telah berhasil, para orangtua murid, pengusaha dan masyarakat yang peduli terhadap SDN 101826.

Rahmawati SP.d selaku Kepala Sekolah Negeri 101826 mengatakan, bahwa sejak lama sekolah milik Pemkab Deli Serdang ini mendambakan keberadaan musholah. Para Guru dan Orang tua siswa SDN 101826 tersebut telah mendambakan keberadaan Musholla di sekolah tersebut, sebab, selain SDN 101826 juga ada SDN 101827, 101872 yang 90 persen beragama Islam.

“Sudah lama keberadaan musholla ini dinantikan oleh seluruh warga di sekitar SDN 101826 Tuntungan, Kecamatan Pancur Batu ini. Saya sangat terharu, meskipun lambat namun sekolah ini telah mampu memiliki musholla,” ujar Rahmawati.

Pada kesempatan itu, Kepala Sekolah SDN 101826 Tuntungan juga mengucapkan terimakasih kepada Kadis Pendidikan Deli Serdang, atas dukungannya juga pembangunan Musholah ini dapat terlaksana dengan baik.

“Ini juga merupakan kebetulan dimana acara peletakan pembangunan musholla SDN 101826 ini bertepatan mendekati akhir tahun. Meskipun dana yang diperlukan untuk pembangunan musholla tersebut belum dapat terkumpul seluruhnya, namun dia dan seluruh guru yang ada di SDN 101826 Pancur Batu sangat yakin kekurangan dana dimaksud akan segera terkumpul,” sebutnya.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Kabupaten Deli Serdang Yudy Hilmawan, SE, MM mengatakan, sangat mendukung dan menyambut baik keberadaan gedung mushollah di SDN101826.

Menurutnya Pendidikan akan dapat terwujud dengan baik jika ahlak dan perilaku sejalan dengan pengetahuan Agama yang diajarkan kepada para anak didik.

“Membangun pendidikan harus dimulai dengan mengajarkan pendidikan utama yaitu Agama sedini mungkin, sehingga akan tercipta anak didik yang berahlak dan berbudi pekerti yang baik, jujur, bertanggung jawab dan berkarakter. Itulah yang harus dapat kita bangun didunia pendidikan saat ini, serta harus dapat dirasakan kehadirannya ditengah-tengah masyarakat, harus dapat menjadi contoh dan teladan bagi pendidikan di Kabupaten Deli Serdang,” tegas Yudy.

Dia juga menyampaikan, pembangunan pendidikan di Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang harus mampu memiliki karakter sesuai dengan tujuan bangsa.

“Saya berterimakasih kepada Rahmawati SP.d kepala SDN 101826 yang telah menambahkan satu programnya yaitu pembangunan Musholah. Jadi kepala SDN 101826 tidak usah khawatir mengenai arsiteknya karena kita sudah lengkap seluruhnya untuk pembangunan mushollah tersebut,” tandasnya.

Ditambahkannya lagi, diperlukan adanya keseimbangan, agar pendidikan ini dapat memiliki karakter yang akan menjadi idola Bangsa.

“Makanya dapat terbentuk slogan “SDN 101826 bisa”. Kalau memang kita mampu semua pasti bisa,” bebernya.***