Warga Mohon Bupati dan Kapolres Deli Serdang

Hentikan Galian C di Desa Sena Batangkuis

Kamis, 8 April 2021 | 18:17 WIB

Batangkuis, MPOL – Warga pengguna sejumlah jalan di kawasan Dusun V Desa Sena Kecamatan Batang Kuis memohon kepada Bupati Deli Serdang maupun Kapolres Deli Serdang agar menghentikan operasional galian C di kawasan jalan utama menuju Bandara Kuala Namu.

Hal itu disampaikan Edi dan Yeni kepada Medan Pos, Kamis (8/4) di Desa Sena, Batang Kuis, saat melihat langsung sejumlah truk silih berganti memasuki kawasan lahan di Dusun V Desa Sena yang dijadikan ajang penggalian.

Pantauan wartawan, beberapa lahan yang dulunya kebun PTPN 2 Batangkuis itu tampak seperti kolam atau danau kecil. Bukan saja satu tempat, ada sekitar 10 lubang besar yang sempat terpantau sudah dalam kondisi memprihatinkan.

Bahkan menurut laporan warga, dalam sehari saja, pengusaha galian C yang belum diketahui wartawan siapa oknumnya, bisa mengeluarkan tanah timbun rata-rata 100 dumptruk. Dapat dibayangkan, betapa besar kerugian rakyat diakibatkan penggalian yang diduga ilegal ini.

Berdasarkan penuturan pengguna jalan Balai Desa, yang kerap dilintasi truk bertonase tinggi itu, mengupas beberapa ruas jalan yang baru saja diperbaiki Pemkab Deli Serdang. Bahkan, katanya, jalan yang dulunya mulus, kini kupak kapik karena dilalui truk pengangkut tanah itu.

“Yah, ini sekaligus laporan kepada Pak Bupati dan Pak Kapolres. Kalau aksi ini tidak segera ditangani, kita yakin sebentar lagi lingkungan di kawasan itu akan hancur total. Saya juga khawatir, jika kedepan ini, warga yang merasakan dampak akibat operasional Galian C ini akan mengamuk jika tidak segera ditangani,” tambah Edi. (bp)