Areal Semakin Sempit, Warga Kec Lubuk Pakam Butuh Lahan Perkuburan

Jumat, 24 Juni 2022 | 13:46 WIB

Deli Serdang, MPOL: Warga Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang, butuh areal Tempat Pemakaman Umum (TPU), baik untuk warga agama Muslim maupun warga agama Kristen karena lahan pemakaman sudah semakin sempit.

Hal itu dikatakan ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Lubuk Pakam, Indra Silaban (34), Jumat (24/6/2022).

Menurutnya, seperti halnya di Desa Pasar Melintang, Kelurahan Syamad, Pagar Merbau III dan Pagar Jati Kecamatan Lubuk Pakam, saat ini tempat pemakaman umum sangatlah minim arealnya dan Pemerintah daerah harus hadir untuk mencarikan solusinya.

Bahkan akibat sempitnya areal pemakaman, sudah tidak sedikit pekuburan sudah tumpang tindih.

“Warga Kecamatan Lubuk Pakam membutuhkan ketersediaan tanah wakaf untuk TPU yang baru. Sebetulnya lahan milik PTPN II Pagar Merbau ada, kalau untuk umat kan seharusnya dapat di berikan”, cetus Indra Silaban.

Padahal kata, Indra Silaban, pada tahun 2017 lalu pihak Pemerintah Desa Pasar Melintang sudah memohon kepada PTPN II agar dapat membebaskan sebagian lahannya untuk tempat pemakaman baik, warga Muslim dan Kristen.

“Untuk ketersediaan pemakaman baru, warga sudah membuat permohonan ke PTPN II. Mudah-mudahan permohonan ketersediaan tanah wakaf untuk lokasi TPU baru, dapat terealisasi secepatnya”, ujar Indra.*