Bupati Pakpak Bharat Lantik 29 Kepala Desa

Kamis, 23 Desember 2021 | 22:54 WIB
Pakpak Bharat, MPOL : Sebanyak 29 dari 30 Kepala Desa (Kades) hasil pilkades serentak gelombang III tahun 2021 se-Kabupaten Pakpak Bharat dilantik. Sedangkan untuk Desa Kecupak I, Kec PGGS, diserahkan SK Penjabat (Pj) kepada Camat PGGS, karena pemenang pilkades atas nama Sarben Manik, meninggal dunia karena sakit sebelum pelantikan.
     Pengambilan sumpah/janji dan pelantikan serentak dilakukan langsung Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor di Balai Diklat Cikaok, Kec STTU Julu, Kamis (23/12/2021). Dihadiri Kapolres Pakpak Bharat, Dandim 0206/DR, Wakil Bupati Pakpak Bharat, Ketua dan anggota DPRD Pakpak Bharat, Ketua TP-PKK Pakpak Bharat, para Camat dan unsur lainnya.
     Adapun Kades yang dilantik adalah, Imanuel Boangmanalu (Desa Boangmanalu), Pos Manik (Desa Tanjung Mulia), BiN Berutu (Desa Bandar Baru), Arifin Bancin, S.Kom (Desa Malum), Berin Angkat (Desa Mbinalun), Elida Berutu (Desa Perolihen) dengan perolehan 201 suara. Lasme Berutu (Desa Simberuna), Saktimon Berutu, ST (Desa Silima Kuta), Sabar Martahan Solin (Desa Majanggut) dan Ahmad Syaiful Tinendung (Desa Sukaramai).
     Kemudian Marison Asi Limbong (Desa Kuta Dame), Sahmadin Bancin (Desa Perduhapen), Padot Hans Padang (Desa Pardomuan), Dariono Sinamo, ST (Desa Prongil) dengan perolehan 266 suara. Jonna Boangmanalu (Desa Buluh Tellang), Sahata Solin (Desa Tinada), Sudung Bancin (Desa Kuta Tinggi), Tri Sudrino Bancin (Desa Penanggalan Binanga Boang), Jalidin (Desa Pangindar), Parmi Manik (Desa Napatalun Perlambuken), Berlin Manik (Desa Lae Mbentar), Sondang HP Manik, S.PAK (Desa Sibagindar), Saidina Aksa Manik (Desa Kecupak II), Beres Padang (Desa Siempat Rube I), Drs. Alparet Padang (Desa Siempat Rube II), Sendri Padang (Desa Siempat Rube IV), Sarohati Padang (Desa Mungkur), Rencana Padang (Desa Kuta Jungak) dan Polni Cibro (Desa Traju).
     Bupati Franc Bernhard Tumanggor mengatakan bersyukur atas kesuksesan pemilihan kepala desa (pilkades) tahun 2021 yang telah kita lewati dengan berpedoman pada prosedur landasan hukum yang berlaku, ternyata telah membuahkan hasil positif yakni saat ini telah diikuti dan saksikan acara pengambilan/janji dan pelantikan sebanyak 29 Kades yang kondusif.
     Kilas balik perhelatan pilkades ditengah covid 19, selain menjaga pencegahan wabah penyakit, tentunya kita amati telah terjadi ketegangan di tengah-tengah masyarakat desa. Masa bersaing telah kita lalui, kini masanya untuk bersatu, untuk bekerja dan bekerja, bersatu tekad, semangat pikiran dan perhatian untuk mengatasi berbagai tantangan dan persoalan, membangun, dan melayani masyarakat desa yang akan kita satukan dalam visi dan misi kedepan. “Terpilihnya saudara sebagai Kades mencerminkan besarnya harapan masyarakat akan adanya perubahan yang lebih baik, ternyata hari ini telah usai, kami juga mengharapkan solusi yang terbaik untuk di tempuh oleh Kades terutama untuk menjalin kekeluargaan masyarakat desa,” ujar Bupati Franc.
     Kepada para Kades yang dilantik agar segera melaksanakan tugas besar yakni penyusunan RPJM Desa sesuai ketentuan yang berlaku, RPJM DESA ditetapkan paling lama 3 bulan terhitung sejak tanggal pelantikan. “Untuk saudara ketahui perencanaan yang saudara bentuk harus selaras dengan visi dan misi,” katanya.
     “Bekerjalah dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas saudara sejak hari ini hingga 6 tahun kedepan. Sebagai unsur pemerintahan desa, Kades, BPD merupakan mitra kerja. Untuk itu saudara harus dapat membangun dengan bekerja,” tambahnya.
     Dalam kesempatan itu Bupati Franc turut berduka cita atas berpulangnya beberapa calon dan pemenang pilkades saat penyelenggaraan pilkades, kiranya keluarga yang ditinggal dapat diberi ketabahan. **