Bupati Labura: TMMD Jangkau Pembangunan di Daerah Terpencil

Selasa, 2 Maret 2021 | 20:58 WIB
Labura, MPOL: Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan di Desa Pematang Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labura, merupakan salah satu upaya Kodim 0209/LB dan Pemkab untuk menjangkau pembangunan di daerah-daerah terpencil.
Hal itu disampaikan Bupati Labuhanbatu Utara (Labura), Hendriyanto Sitorus, SE, MM, pada acara pembukaan TMMD ke-110 Kodim 0209/LB di Aula Ahmad Dewi Syukur Kabupaten setempat, Selasa (2/03/2021).
Kegiatan yang ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan berita acara oleh Bupati Hendriyanto Sitorus kepada Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, S.E.,M.Tr (Han) itupun, disaksikan langsung Danrem 022/PT Kolonel Inf Asep Nugraha, S.E., M.Si.
Bupati menambahkan, dalam program TMMD ini diharapkan mampu meningkatkan sinergitas TNI-Polri serta Pemkab Labura demi kesejahteraan masyarakat luas. “Mari kita dukung kegiatan TMMD ini, karena manfaat dari kegiatan tersebut bakal dirasakan masyarakat secara langsung, bahkan dapat meningkatkan roda perekonomian di daerah terpencil,” pinta Bupati.
Ditempat yang sama, Komandan Korem 022/PT Kolonel Inf Asep Nugraha, S.E., M.Si, menyatakan rasa syukur atas adanya TMMD di Kabupateb Labura. Dimana, selain sebagai konsentrasi peningkatan kemanunggalan TNI-Rakyat, juga merupakan upaya TNI dalam konsep ‘Sinergi Bersama Membangun Negeri’.
“Kegiatan TMMD ini bukan hanya difokuskan terhadap TNI saja, namun adalah kegiatan antara TNI dengan Rakyat, sehingga kami berharap jangan hanya TNI yang bekerja, tapi masyarakat juga ikut membantu, sebab ini adalah untuk kemanunggalan TNI dengan rakyat dan manfaatnya untuk kesejahteraan rakyat,” sebutnya.
Tinjau Pembukaan Jalan
Melanjutkan momentum itu, Danrem 022/PT Kolonel Inf Asep Nugraha, S.E., M.Si, didampingi Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap,SE,M.Tr (Han), mengendarai sepeda motor Trail, langsung melakukan peninjauan pembukaan badan jalan di Desa Pematang Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labura. “Jalan ini menyatukan dua desa yakni Desa Pematang dengan Desa Batu Tunggal di Kecamatan NA IX-X. Diharapkan mampu memprioritaskan peningkatan ekonomi masyarakat,” bilang Danrem.
Bukan hanya itu, Danrem menginginkan kegiatan ini juga dapat menumbuh-kembangkan kesadaran warga dalam menjauhi pengaruh buruk narkoba dan penguatan Wawasan Kebangsaan (Wasbang). “Selain kegiatan fisik, seperti RTLH, pembuatan parit dan lainnya, ada juga kegiatan komunikasi Sosial (Komsos) berupa sosialisasi Narkoba dan peningkatan Wasbang tentang komitmen masyarakat terhadap bela negara. Itu harapan kita nantinya,” terang Danrem.
Sementara, Kepala Desa Pematang, P. Munthe, menyebutkan dirinya mewakili seluruh masyarakat sangat bersyukur atas adanya program TMMD tersebut. “Sejak zaman kemerdekaan sampai sekarang, baru kali ini TMMD dilaksanakan, dimana dari segi ekonomi akan mengalami peningkatan, begitu pula dari segi pendidikan, dengan dibukanya akses jalan melalui program ini, mudah-mudahan meningkatkan jumlah pelajar yang bersekolah di Desa ini setelah dibukanya akses jalan,” sebutnya.
Pada konteks realisasinya, juga merekrut sebanyak 120 personel TNI AD, TNI AL, TNI AU, serta sejumlah personel Kepolsian Resor Labuhanbatu, yang ditempatkan berbaur di rumah-rumah warga.
Tampak hadir, Kasiter Korem 022/PT, Kolonel (Har) Inf Sutan Lubis, Mewakil Kapolres Labuhanbatu Kabagren AKBP TR. Nababan, Ketua DPRD Labura, H. Indra Surya Bakti Simatupang, SH, M. Kn, Sekda Kabupaten Labura, H. Habibuddin Siregar, M. AP, Mewakili Kadis PMD Pemprov Sumut, Kabid Erwinsyah, SH, MH, dan sebanyak sekitar 40 orang tamu undangan lainnya. **