Walikota Binjai Resmikan Posko Kampung Tangguh Anti Narkoba

Selasa, 29 Juni 2021 | 22:34 WIB

Binjai, MPOL- Dalam memberantas peredaran narkoba, Polres Binjai membuat posko Kampung Tangguh Anti narkoba di Kelurahan Pujidadi, Kecamatan Binjai Selatan, Selasa (29/6/2021).

Peresmian posko ditandai dengan pemotongan pita oleh Walikota Binjai, Drs.H.Amir Hamzah, MAP didampingi Kapolres Binjai, AKBP Romadhoni Sutardjo, Dandim 0203/Lkt, Letkol Inf Wisnu Joko Saputro, Kepala BNNK Binjai, AKBP Suprayogi, Ketua DPRD Binjai, Noor Alam Putra dan Kasat Narkoba AKP Rian Permana.

Kapolres Binjai, AKBP Romadhoni Sutardjo didampingi Kasat Narkoba AKP Rian Permana mengatakan membuat posko kampung tangguh anti narkoba di kelurahan Pujidadi karena posisi pertama dari banyaknya jumlah kasus

”Kelurahan Pujidadi ini menempati posisi pertama dari banyaknya jumlah kasus penyalahgunaan narkoba, dari mulai bulan Januari sampai dengan saat ini di kelurahan Pujidadi ini ada 24 laporan polisi terkait penyalahgunaan narkoba dibandingkan kelurahan-kelurahan lain,” ucapnya.

Secara teknis, Romadhoni menjelaskan selain dari pihak kepolisian, posko kampung tangguh nanti juga melibatkan masyarakat dari tokoh agama dan tokoh pemuda.

” Sistemnya jika ada laporan dari masyarakat yang datang ke posko lalu diteruskan kepetugas untuk dilakukan penindakan lebih lanjut. Dibentuknya kampung tangguh anti narkoba ini juga akan melakukan pencegahan melalui sosialisasi tentang bahaya narkoba ke masyarakat,” katanya.

Romadhoni mangatakan secara bertahap akan melakukan pemetaan di kelurahan – kelurahan lain dan kemungkinan akan membuat kampung tangguh anti narkoba.

” Tadi seperti yang disampaikan bapak Kapolda Sumut, kita fokus dulu satu lalu kita lakukan evaluasi kalau ada kekurangan kita benahi baru nanti kita bergerak buat kampung tangguh di daerah yang lain,” pungkasnya.

Sedangkan Walikota Binjai H.Amir Hamzah mengatakan bahwa Pemkot Binjai akan selalu mendukung program Polres terutama dalam upaya pemberantasan peredaran narkoba. Menurutnya peredaran narkoba di Kota Binjai tergolong tinggi.

Untuk itu, launching Kampung Tangguh Anti Narkoba dilakukan di Kelurahan Pujidadi sebagai langkah awal karena menurutnya di kelurahan ini sedikit rawan peredaran narkoba dari pada kelurahan lain.

Amir Hamzah juga mengatakan akan terus bersinergi dengan Stakeholder, Forkopimda dan OPD terkait untuk pemberantasan narkoba khususnya di Kota Binjai.

“Tentunya tidak hanya Polres dan Forkopimda saja yang bekerja. Mari kita bekerjasama saling bantu membantu demi tercapainya program ini,” tegasnya.

Amir juga berharap kepada masyarakat agar upaya ini di dukungan penuh dengan saling kerjasama sehingga langkah ini dinilai penting dengan tujuan menyelamatkan generasi bangsa.

“Saya harap kelurahan ini memiliki komitmen yang kuat untuk memberantas narkoba. Mulai dari pengguna, pengedar hingga bandarnya. Tentunya pemberantasan ini kita lakukan secara gencar,” tegas Amir.(wandi)