Wujudkan Visi Misi :

Walikota Binjai Luncurkan 5 Mobil Ambulance Untuk 5 Kecamatan

Senin, 6 Desember 2021 | 19:19 WIB

Binjai.MPOL- Wali Kota Binjai, Drs. H. Amir Hamzah, M.AP pimpin apel gabungan di lingkungan Pemerintah Kota Binjai sekaligus Peluncuran Ambulans Binjai Sehat, di Lapangan Apel Pemko Binjai, Senin (6/12/2021). Apel gabungan ini diikuti pula oleh Wakil Wali Kota Binjai H.Rizky Yunanda Sitepu STP, M.P, Sekretaris Daerah Kota Binjai H.Irwansyah Nasution, S.Sos dan Kadis Kesehatan dr. Sugianto, para Staf Ahli Wali Kota Binjai, Asisten Sekretaris Daerah Kota Binjai, Inspektur, Sekretaris DPRD, Direktur RSUD DR. RM. Djoelham, Kasat Pol. PP Kota Binjai, Para Kepala Dinas,Kepala Badan, Kepala Bagian, Camat, dan Lurah se-Kota Binjai, serta Pejabat Eselon III dan IV di Lingkungan Pemko Binjai.

Dalam sambutannya, Wali Kota menyatakan bahwa peluncuran mobil ambulans Binjai Sehat ini merupakan bagian dari program kerja visi misi Wali Kota, yaitu guna memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada warga masyarakat. Ia kemudian menjelaskan mobil ambulans Binjai Sehat yang diluncurkan ini berjumlah 5 (lima) unit, yang masing-masing akan diberikan ke tiap kecamatan. Dimana tiap unit ambulans terdiri dari satu orang dokter, satu orang perawat, dan satu orang supir. Selain itu mobil ambulans ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas obat-obatan dan oksigen. “Mobil ambulans ini adalah milik bersama, jadi saya minta agar senantiasa dirawat dan dijaga,” jelasnya.

Mobil ambulans Binjai Sehat ini kemudian direncanakan akan turun ke masyarakat setiap hari, dengan mengunjungi rumah warga yang memiliki riwayat penyakit yang sudah kronis, dan yang tidak dapat hadir ke pelayanan kesehatan. Selain itu juga dengan mengantar warga masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan lanjutan di fasilitas pelayanan kesehatan. Kemudian mobil ini juga akan melakukan pemantauan terhadap kesehatan ibu dan anak.

“Fasilitas ini merupakan upaya kita bersama untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kota Binjai,” ujar Wali Kota. “Untuk itu saya tekankan kepada Dinas Kesehatan Kota Binjai, RSUD Dr. RM. Djoelham Binjai, Kepala Puskesmas, maupun kepala Puskesmas Pembantu beserta jajarannya agar dapat memaksimalkan pelayanan kesehatan di dengan sebaik-baiknya,” tambahnya lagi. Hal ini dilakukan agar tidak ada lagi warga masyarakat yang mengeluh, ataupun mengalami kesulitan terkait pelayanan kesehatan.

Wali Kota pun mengimbau kepada para camat beserta lurah di Kota Binjai untuk menginformasikan kepada jajarannya beserta kepala lingkungan di wilayahnya masing-masing, untuk mensosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat. “Semoga dengan adanya mobil ambulans Binjai Sehat ini, diharapkan kedepannya dapat bermanfaat dan memenuhi harapan masyarakat akan perolehan pelayanan kesehatan yang bermutu di Kota Binjai,” tegasnya. Ia pun mengingatkan kepada para perangkat kecamatan dan kelurahan agar mengajak masyarakat untuk bergotong-royong membersihkan wilayahnya agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh cuaca buruk di musim penghujan, khususnya demam berdarah.(wandi)