Ikut Merandang Dan Buat Teh Talua :

Walikota Binjai Hadiri Rakernas APEKSI Se Indonesia Di Padang

Senin, 8 Agustus 2022 | 19:56 WIB

Binjai.MPOL -Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2022 resmi bergulir, Senin 8 Agustus 2022 berpusat di Ballroom Padang Convention Centre, Hotel Truntum Padang.

Sebelumnya, Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M. AP bersama Wakil Wali Kota Binjai H. Rizky Yunanda Sitepu, STP, MP. dan juga Kadis Kominfo Sofyan Siregar dan beberapa kepala dinas ikut serta menghadiri acara welcome Dinner, Minggu 7 Agustus 2022 yang dihadiri pula oleh Anggota APEKSI. Hadir pula dalam acara tersebut Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan. Kegiatan dengan tema Kota Kita Bangkit, Yang Maju dan yang Bersinergi ini dihadiri oleh 95 orang pimpinan daerah seluruh Indonesia.

Wali Kota Padang Hendri Sapta menyampaikan rasa bangganya atas terpilihnya Kota Padang sebagai lokasi pelaksanaan Rakernas Apeksi ke XV. Ia juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pendapatan daerahnya melalui bidang wisata dan kuliner. “Selamat datang di Kota Padang, perkiraan kami yang hadir dalam acara ini mencapai 5.000 orang,” ujar Wali Kota Padang. Menurutnya, antusiasme yang besar untuk mengikuti dan menyukseskan agenda Rakernas ini menjadi motivasi dan inspirasi bagi setiap komponen yang ada di Kota Padang untuk terus membangun kota dengan memberdayakan produk-produk lokal.

Dalam pembukaan kegiatan tersebut, Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Bima Arya menegaskan bahwa para wali kota memiliki beban yang lebih berat dibandingkan wali kota-wali kota sebelumnya. “Kita dituntut untuk bergerak cepat dalam pemulihan ekonomi, dan di saat yang sama kita harus berakselarasi dengan regulasi dan reformasi birokrasi yang harus dijalani,” jelas Bima Arya.

Sementara itu, infrastruktur harus terus digenjot dengan memperhatikan pembangunan yang berkelanjutan. Ia menyebutkan, pembangunan harus terus dilakukan, dengan memikirkan dan mempertimbangkan perubahan lingkungan atau climate change. “Jelas ini bukanlah hal yang mudah, ini adalah tantangan yang kompleks bagi kita semua,” paparnya.

Ada sejumlah agenda berlangsung dalam rangkaian Rakernas Apeksi 2022. Agenda tersebut di antaranya Indonesia City Expo 2022, Youth Changer, City Tour, penanaman pohon, gowes bersama, peresmian tugu Apeksi, Ladies Programme, bersih-bersih pantai, marandang dan membuat teh talua hingga pawai budaya. Rangkaian Rakernas Apeksi ini berlangsung hingga 10 Agustus 2022 besok.(wandi)