Kadis Kesehatan Binjai :

Jelang Nataru, Warga Diminta Patuhi Prokes Di Level 3

Minggu, 5 Desember 2021 | 19:55 WIB

Binjai. MPOL- Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Dinas Kesehatan (Dinkes) Binjai mengingatkan warga untuk tetap menerapkan serta mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai Dr Sugianto, Jumat (3/12/2021) kepada wartawan mengatakan, peningkatan kasus Covid-19 pada umumnya terjadi pada hari-hari besar. Hal itu diakibatkan meningkatnya mobilitas masyarakat yang sebagian besar melanggar Prokes.

Karena itu, sebut Dr Sugianto, pada Nataru tahun ini masyarakat Kota Binjai harus patuh Prokes dengan menerapkan 5M, mencuci tangan, memakai masker, menjauhi kerumunan, menjaga jarak, dan membatasi mobilitas.

“Karena itu kami sangat menyarankan, pada Nataru ini masyarakat tidak keluar rumah jika tidak ada urusan yang mendesak. Sayangi diri, sayangi keluarga dan negara,” ujar Dr Sugianto.

Khusus untuk yang belum vaksin, kata Dr Sugianto, dianjurkan tetap di rumah demi kesehatan bersama. “Yang sudah divaksin juga bisa terpapar, tapi dampaknya lebih ringan. Mari sama-sama kita menjaga kesehatan agar penyebaran Covid-19 bisa kita atasi,” tuturnya.

Lebih jauh dikatakan Dr Sugianto, jelang Nataru pemerintah akan menerapkan Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 secara serentak di seluruh daerah.

Penerapan level 3 berdasarkan Inmendagri nomor 62 tahun 2021. Aturan ini mulai berlaku pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 mendatang.

Karena itu, ungkap Dr Sugianto, Dinas Kesehatan Kota Binjai mulai mengambil sejumlah langkah sebagai upaya antisipatif lonjakan kasus Covid-19 jelang Nataru sebagaimana surat edaran Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara.

“Kami akan menyediakan sejumlah persiapan di posko check point perayaan natal 2021 dan tahun baru 2022, diantaranya menyiagakan Pos tim tenaga kesehatan, ambulance, tim swab/rapid antigen, dan tim vaksinator beserta vaksinnya,” paparnya.

“Kami juga akan menyiapkan isolasi terpadu bagi warga terdeteksi positif. Tentu nantinya akan terlebih dahulu dikoordinasikan dengan Kapolres Binjai soal lokasi posko check point operasi lilin toba 2021,” imbuhnya.(wandi)