Disaksikan Waki Wali Kota :

HUT RI ke-77, Sebanyak 1357 Warga Binaan Lapas Kelas IIA Binjai Peroleh Remisi

Rabu, 17 Agustus 2022 | 17:54 WIB

Binjai.MPOL- Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77, Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) memberikan remisi umum kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang telah memenuhi syarat dan mengikuti program program yang telah ditentukan.

Seperti di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas llA Binjai yang beralamat di Jalan Jend Gatot Subroto, Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat. Disini sebanyak 1.357 WBP memperoleh remisi umum dari Kemenkumham.

Remisi tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Walikota Binjai H Rizky Yunanda Sitepu.STP.M.P kepada Warga Binaan Pemasyarakatan, dan diserahkan secara simbolis di Lapas Kelas llA Binjai, tepatnya usai upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Rabu (17/8/2022).

“Pemberian remisi diberikan kepada WBP tentunya sudah melalui beberapa tahapan dan mengikuti program program yang ada,” ungkap Rizky.

Kepada WBP, Wakil Walikota Binjai berharap semoga remisi tersebut dapat menjadi motivasi bagi Warga Binaan untuk mengikuti program pembinaan yang telah ditetapkan.

“Selamat kepada para Warga Binaan yang memperoleh remisi di hari jadi Republik Indonesia Ke-77 ini. Merdeka!!,” ucap H Rizky Yunanda Sitepu.

Wakil Wali Kota Binjai, H Rizky Yunanda Sitepu yang menyaksikan acara ini juga menyerahkan remisi kepada WBP. “Penyerahan remisi dilakukan usai upacara HUT Kemerdekaan RI ke 77,” kata Pelaksana Tugas Kepala Lapas Binjai, Sahata Marlen Situngkir.

Sementara itu, Kasubsi Registrasi Lapas Kelas llA Binjai, Darno Nasution mengaku bersyukur. Sebab menurutnya, dari 1.357 remisi umum yang diusulkan oleh pihaknya, semuanya diterima oleh Kemenkumham.

“Untuk remisi umum 17 Agustus 2022 ini, adapun yang kami usulkan sebanyak 1.357 orang, dan semuanya turun,” ungkap Darno Nasution, Rabu (17/8) sembari mengatakan bahwa hingga hari ini jumlah Narapidana dan tahanan yang ada di Lapas Binjai berjumlah 1.847 orang.

Dari 1.357 orang yang memperoleh remisi umum, lanjut Darno Nasution, sebanyak 10 orang langsung bebas. “Sementara yang menjalani subsider ada 65 orang,” beber Kasubsi Registrasi Lapas Binjai.

Pun begitu Darno Nasution mengakui bahwa pada 17 Agustus 2022 ini, sebanyak 395 orang belum diusulkan untuk menerima remisi umum.

“Mengapa belum diusulkan, karena mereka belum menjalani 6 bulan masa pidana dan sedang menjalani denda atau uang pengganti,” demikian tutup Darno Nasution.(wandi)