Berhadiah Mobil, Walikota Binjai Binjai Buka Perlombaan Burung Berkicau

Minggu, 9 Januari 2022 | 19:14 WIB

Binjai.MPOL- Wali Kota Binjai Drs.H.Amir Hamzah, M.AP membuka Perlombaan Burung Berkicau Tingkat Nasional BNR (Boy dan Rusli) Fiesta 2022, Minggu (9/1/2022) di Lapangan Merdeka Kota Binjai.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dandim 0203/Langkat Letkol Inf. Wisnu Joko Saputro, Perwakilan Polres Binjai, Sekretaris Daerah Kota Binjai H. Irwansyah Nasution, S.Sos, Perwakilan Pembina BnR Pusat yang juga saat ini sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan, SE., Pendiri BnR Ahmad Baslan atau yang lebih akrab disapa bang Boy, Dewan Pembina BnR Regional I Sumatera Utara H.M. Hidayat Batubara, Ketua BnR Regional I Sumatera Utara Ahmad Rizaly, Kepala Balai Besar KSDA Sumut Ir. Irzhal Azhar, M.Si., serta para kicau mania yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam sambutannya, Wali Kota Binjai Amir Hamzah menyampaikan selamat atas terselenggaranya lomba burung berkicau ini dan berterimakasih pada penyelenggara acara yang telah memilih Kota Binjai sebagai lokasi berlangsungnya kegiatan ini.

Peserta lomba burung berkicau sekitar 3200 dengan 36 jenis burung meliputi burung cucak ijo, murai batu ekor putih, live bird fighter, kacer, dan lain lain dan peserta datang dari daerah Sumatera,Jogjakarta, Jawa Tengah,Jawa Barat,Jakarta dan Kalimantan dengan hadiah utama satu unit Mobil Toyota Agya dengan pemenang utama burung murai batu ekor putih disebut sebut milik menantu Gubsu.

Ia menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan hal positif dan merupakan salah satu bentuk inovasi dalam mengembangkan dan meningkatkan perekonomian rakyat.

Selain dapat meningkatkan ekonomi kreatif, menurut Wali Kota Binjai, kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu pendukung Kota Binjai di bidang pariwisata, mengingat sebagian peserta yang hadir berasal dari luar kota.

“Lomba ini juga merupakan salah satu wujud konkret partisipasi masyarakat dalam rangka pelestarian lingkungan,” ujar Wali Kota. “Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan perhatian masyarakat untuk peduli terhadap konservasi hayati melalui minat dan hobi terhadap burung berkicau terutama terhadap perkembangbiakan burung-burung yang masuk dalam kategori dilindungi,” jelasnya lagi. Menurutnya, jika dikelola dengan baik, kegiatan ini kedepannya dapat menjadi potensi unggulan bagi Kota Binjai.

Daniel Johan yang mewakili Muhaimin Iskandar sebagai pembina BnR Indonesia menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Wali Kota Binjai atas sambutan dan dukungannya yang telah mengijinkan terselenggaranya kegiatan ini.
Ia juga mengajak seluruh kicau mania untuk sama-sama melakukan hal penting bagi Indonesia.
“Saya berharap kedepannya BnR dan seluruh kicau mania dapat membantu perputaran industri kerakyatan, mulai dari penangkaran, pengrajin kandang, hingga penyediaan pakan,” jelasnya.

Daniel juga mengajak seluruh kicau mania yang hadir untuk bersama sama dengan masyarakat membantu negara melestarikan alam dan lingkungan. “Hal ini termasuk melestarikan burung-burung di Indonesia yang tidak ada di negara lain,” ungkapnya. Ia juga mengungkapkan BnR kedepannya diharapakan mampu turut serta membantu ekspor hasil penangkaran dan menjadi kekuatan ekonomi yang meningkatkan devisa negara.

Dalam kegiatan ini dilakukan pula pemberian bantuan sembako secara simbolis kepada masyarakat di Kota Binjai dqn juga paket sembako kepada wartawan anggota PWI Binjai dan dilanjutkan dengan pelepasan burung oleh Walikota Binjai dan BnR sebagai tanda dibukanya kegiatan ini oleh Walikota melakukan pembukaan lomba burung dengan meletakan burung cucak ijo bersama sangkarnya diatas tiang tenda dilokasi pertandingan.(wandi)