Amir Hamzah Ditetapkan Jadi Plt. Walikota Binjai

Senin, 8 Maret 2021 | 21:33 WIB

Binjai. MPOL- Selama sepuluh hari sejak dilantik pada Jumat (26/2) sebagai Wakil Walikota Binjai, Jumat (5/3/2021) kemarin Drs Amir Hamzah, MAP akhirnya ditetapkan sebagai Plt.Walikota Binjai
dan mempunyai wewenang penuh dalam menjalankan tugas sebagai kepala daerah.

Sedangkan SK Plt Sekda Biinjai Senin (8/3/2021) untuk Irwansyah Nasution. S.Sos juga telah diserahkan ke Pemko Binjai, Surat Keputusan (SK) Plt Walikota dan Plt Sekda kota Binjai ini dari Mendagri yang diteruskan ke Gubernur Sumatera Utara.

Akhirnya gonjang ganjing siapa Plt. Seketaris Daerah (Sekda) Binjai terjawab sudah, karena beredar dua nama yang bakal diusulkan jadi Plt. Sekda yaitu Irwansyah Nasution Kadis Tarukim Binjai dan Amril yang menjabat Inspektur Kabupaten Langkat.

Penunjukan Irwansyah Nasution sebagai Plt. Sekda Binjai karena Plt. Walikota merasa nyaman dan yakin bisa bekerjasama dengan dirinya, sehingga akhirnya diputuskan mengusulkan Irwansyak Nasution untuk Plt. Sekda. Penujukan ini merupakan persetujuan Provinsi Sumut baru di SK kan Walikota kata sumber yang layak menyebutkan.

Sedangkan Plt. Walikota Binjai Amir Hamzah yang sebelumnya menjabat kepala BKD di pemko Binjai membenarkan kalau dirinya telah ditetapkan sebagai Plt. Walikota Binjai sejak Jumat kemarin dan SK Plt.Sekda juga telah disahkan ini Senin ujarnya.

Amir Hamzah adalah pemenang di pilkada Binjai pada tanggal 9 Desember 2020 lalu yang berpasangan dengan Juliadi yang meninggal dunia sebelum dilantik karena sakit. Dengan sudah ditetapkannya Plt. Walikota dan Plt. Sekda kota Binjai, maka roda pemerintahan akan berjalan normal seperti biasa. Untuk menjadi Walikota yang defenitif diprediksi tidak terlalu lama lagi akan turun SK nya.

Sedangkan untuk mengantikan posisi Amir Hamzah sebagai Wakil Walikota Binjai, saat ini sedang berjalan proses pengusulan anggota DPRD Sumut H. Rizky Yunanda Sitepu, STP pengusulan dari partai pengusung Golkar, Demokrat, dan PPP dan diteruskan ke DRPD Binjai untuk di Paripurnakan. Kemudian dilanjutkan ke Gubsu dan diteruskan ke Mendagri di Jakarta ujar salah seorang ketua partai pengusung, insya allah dalam waktu tidak terlalu lama. akan ada Wakil Walikota ujarnya (wandi)