20 Fasyankes di Binjai Buka Layanan Vaksinasi COVID-19 Secara Gratis

Kamis, 15 Juli 2021 | 19:21 WIB

Binjai.MPOL- Guna menunjang dan mendukung program pemerintah pusat dalam mensukseskan vaksinasi COVID-19. Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, Sumatera Utara, membuka fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat secara gratis.

Setidaknya ada 20 lokasi Fasyankes, yang diperuntukan kepada masyarakat Kota Binjai, Sumatera Utara, yang sama sekali belum mendapat vaksin COVID-19 tahap I. “Bener Pak, pelayanan mulai dibuka Selasa (13/7/2021) kemarin,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai, dr Sugianto SpOG, dalam pesan singkat melalui aplikasi Whatsapp diterima wartawan, Rabu (14/07/2021).

1. Ini sasaran dibukanya Fasyankes disetiap Kecamatan Kota Binjai

Adapun sasaran yang diutamakan dalam pelayanan pemberian vaksin COVID-19 adalah masyarakat umum yang merupakan warga Kota Binjai, masyarakat rentan, remaja, lansia, dan pelayan publik.

Dia menjelaskan, 20 Fasyankes yang membuka pelayanan vaksinasi COVID-19 tahap I secara gratis ini tersebar di lima kecamatan se-Kota Binjai. “Pelayanan dikhususkan bagi masyarakat Kota Binjai. Jadi bagi masyarakat yang belum menjalani vaksinasi tahap I, bisa langsung datang ke Fasyankes yang tersedia selama jam kerja,” kata dia.

2. Lokasi vaksinasi di lima kecamatan yang dibuka secara gratis

Menurut dia, ada sekitar 11 rumah sakit dan 1 klinik serta 8 puskesmas yang disediakan Pemko Binjai, guna melayani vaksinasi kepada masyarakat. Berikut Fasyankes yang difungsikan dalam melayani vaksinasi :

Seluruh fasyankes dimaksud meliputi, RS Raskita, Puskesmas Binjai Estate, Puskesmas Rambung, RS Bangkatan, Puskesmas Tanahtinggi, OG Hospital, dan RS Latersia, Puskesmas Jatimakmur, Puskesmas Kebunlada, RS Ratu Mas, RS Sylvani, dan RS Bidadari.

Kemudian, Poliklinik Polres Binjai, Puskesmas Binjai Kota, RS Tentara, RS Al-Fuadi, RSUD Dr Djoelham, RS Artha Medica, Puskesmas Bandarsenembah, dan Puskesmas HAH Hasan. “Jangan ragu, mari kita jalani vaksinasi ini,” sebut dia.

3. Pemberian vaksin disesuaikan dengan ketersediaan dari pusat

Untuk tahap awal dalam program vaksinasi di Fasyankes ini. Dinkes menyediakan ribuan vaksin yang diperuntukan kepada masyarakat. Dan kedepan akan disesuaikan dengan kesediaan vaksin yang dimiliki Pemerintah Kota Binjai.

“Dosis pertama target Kota Binjai ialah 1.216 orang perharinya dan kedepan akan menyesuaikan dengan ketersediaan vaksin dari pusat. Kita berharap vaksin akan terus diterima dari pusat, agar seluruh masyarakat Kota Binjai, mendapatkan vaksin,” terang Sugianto.

Diketahui sebelumnya, program vaksinasi terus digalakkan Pemko Binjai. Bahkan beberapa waktu lalu Pemko dan Polres serta Kejari Kota Binjai, membuka layanan vaksinasi secara gratis untuk masyarakat. Layanan tersebut dipusatkan di Gedung Olah Raga (GOR) Binjai Jalan Jambi, Kelurahan Rambung Dalam, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Sumatera Utara.(wandi)