dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD :

Berantas Narkoba Harus Melibatkan Semua Pihak

Minggu, 17 Oktober 2021 | 20:21 WIB

Medan, MPOL : Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD, mengatakan upaya pemberantasan dan pencegahan penyalahgunaan Narkoba bukan hanya tugas aparat penegak hukum semata, tetapi harus melibatkan semua pihak terkait.

Upaya fasilitasi pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya (NAPZA) atau yang lebih dikenal Narkoba dapat dilaksanakan melalui, keluarga, lingkungan masyarakat, satuan pendidikan, organisasi kemasyarakatan, badan usaha, tempat usaha, hotel/penginapan, pemondokan/asrama dan tempat hiburan, lembaga Pemerinatah Daerah dan DPRD, media massa, komunitas, serta lembaga adat di daerah.

Hal tersebut dikemukakan Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai NasDem dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD, saat melaksanakan Sosialisasi Peraturan (Sosper) Daerah Sumatera Utara No.1 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya, Sabtu (16/10/2021) di PRR Marelan Night Market Jalan Marelan Raya No 116 Kelurahan Tanah Enam Ratus Kecamatan Medan Marelan.

Kegitan Sosper berlangsung tertib dan lancar dengan mengedepankan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 secara ketat, yakni setiap peserta diharuskan mencuci tangan menggunakan air dan sabun antiseptic, memakai masker yang disediakan oleh panitia, menjaga jarak aman dan menghindari kerumunan. Hal tersebut dimaksudkan sebagai upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus corona (covid-19).

Acara dikemas secara apik dan dimoderatori oleh Muhammad Ichwan menghadirkan Narasumber M.Fadli Habibi,SH,MH yang juga dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) serta dihadiri Sekcam Medan Marelan, Adam Nasution,ST, Seklur Tanah Enam Ratus, Muhammad Zaini, Kepala Lingkungan II, M.Rizal, Staf Fraksi Partai NasDem DPRD Sumut, Suhelmi, Ketua Umum Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia (IOSKI) Sumatera Utara, Agus Salim Samosir,S.Si.M.Or, Paskibra Sumut,Sahabat dr.Mustafa diantaranya, Kiki Hamdani, Rifky Panggabean, Syahrul dan Yus Adipati,Elvina Mailani, Rahma Julia Windi, mahasiswa dan sejumlah ibu-ibu rumah tangga lainnya.

Dijelaskan oleh dr.Mustafa, seperti halnya fasilitasi Pencegahan Berbasis Keluarga tugas orang tua dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya, antara lain, memberi pendidikan keagamaan, meningkatkan komunikasi dengan anggota keluarga, khususnya dengan anak, melakukan pendampingan kepada anggota keluarga agar mempunyai kekuatan mental dan keberanian untuk menolak penyalahgunaan NAPZA dan memberikan edukasi dan informasi yang benar kepada anggota keluarga mengenai bahaya penyalahgunaan NAPZA.

“Dengan melibatkan semua pihak terkait, maka upaya pemberantasan penyalahgunaan Narkotika akan berhasil dilaksanakan, sehingga generasi muda ke depan akan menjadi generasi emas yang bakal memimpin Indonesia di masa yang akan datang,” ujar dokter spesialis penyakit dalam ini.

Selamatkan Warga dari Narkoba

Hal senada juga disampaikan M.Fadli Habibi,SH,MH selaku Narasumber, Peraturan Daerah No.1 Tahun 2019 ini dimaksudkan untuk menjadi dasar kebijakan daerah dalam mencegah,melindungi dan menyelamatkan masyarakat Sumatera Utara dari penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya serta memberikan layanan kepada pecandu, penyalahguna dan korban penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya.

“Memberikan kepastian hukum kepada masyarakat Sumatera Utara, termasuk pecandu, penyalahguna dan korban penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya untuk menjalani program rehabilitasi medis dan/atau rehabilitasi social, untuk memulihkan ketergantungannya dan mengembalikan keberfungsian sosialnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekcam Medan Marelan, Adam Nasution menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai NasDem dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD, yang berkenan melaksanakan Sosialisasi Peraturan (Sosper) Daerah Sumatera Utara No.1 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya di wilayahnya.

“Dengan adanya Sosper ini, masyarakat mendapatkan pengetahuan dan pencerahan tentang penyalahgunaan Narkotika, termasuk dampak yang ditimbulkannya serta sanksi hukum yang diterima oleh orang yang menyalahgunakan Narkoba.Di lain waktu kami berharap dr.Mustafa kembali lagi melaksanakan Sosper di Kecamatan Medan Marelan, harapnya.(Jal)