Tanggungi 3 Cucu dengan Penghasilan Rp. 100 Ribu per Minggu, Nenek Miskin di Tanjung Tiram Dapat Bantuan dari Kapolres Batu Bara

Sabtu, 11 September 2021 | 16:14 WIB

Batu Bara, MPOL : Nek Asbah (57) salah seorang warga miskin yang tinggal di Link. X, Kel. Bagan Area, Kec. Tanjung Tiram, Kab. Batu Bara, sangatlah prihatin hidupnya. Betapa tidak, buruh jemur ikan asin di salah satu gudang pengepul ikan asin di dekat rumahnya ini tinggal dengan penopang dinding tepas yang bolong sampai-sampai tidak memiliki alas tidur.

Mirisnya lagi, Nek Asbah sampai saat ini menanggung hidup 3 cucunya dengan penghasilannya hanya Rp. 100 ribu per minggu.

Karena keadaannya itu, Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis tersentuh hatinya dan berempati melihat dan mengunjungi rumah Nek Asbah.

Saat kedatangan Kapolres ke rumahnya, Sabtu (11/9/2021) Nek Asbah bercerita tentang keadaan rumahnya. Dikala hujan turun mereka harus bersembunyi di tempat yang tidak bocor dan juga harus menunggu hujan reda barulah bisa tidur bersama cucu-cucunya. Kehidupan seperti ini dijalaninya sudah hampir sekitar 10 tahun lalu dimana suami tercintanya telah wafat serta anaknya yang saat ini mengadu nasib ke Malaysia.

“Saya mengurus 3 cucu karena anaknya yang melahirkan 3 cucunya tersebut yang meninggalkannya 2 tahun lalu untuk bekerja di Malaysia dan sampai saat ini tidak bisa kembali pulang ke Indonesia dikarenakan masih pandemi Covid-19. Sekarang tidak tahu rimbanya karna tak ada lagi hubungan (komunikasi) sejak 2 tahun lalu,” kata Nek Asbah.

Kapolres kemudian memberikan bantuan sembako, perlengkapan rumah tangga serta berjanji dalam waktu dekat ini akan merehab rumah Nek Asbah.

“Keadaan Nek Asbah sempat viral di medsos dan kemudian saya perintahkan anggota untuk mengkroscek. Setelah kita kunjungi dan benar apa yang di beritakan di medsos. Kami Polres bersama KSJ segera memberikan bantuan sembako dan peralatan rumah tangga. Insya Allah dalam Minggu ini akan kita rehab juga rumahnya bersama program rumah layak huni yang dilakukan KSJ,” katanya.

Kapolres berharap semoga dalam kehidupan hari tua Nek Asbah bisa menikmati kehidupan lebih layak, tidur dengan nyenyak mengurus cucunya dengan tak takut kehujanan, masak dengan kompor gas dab tidak lagi dengan kayu bakar.

“Kami minta kepada pemerintah setempat agar Nek Asbah ini agar diperhatikan. Kalau tidak makan segera hubungi KSJ atau Polres Batu Bara agar dapat dibantu,” pungkasnya.

Sementara Nek Asbah mengucapkan banyak terima kasih kepada Kapolres yang telah membantu perekonomiannya.

“Terimakasih Ya Allah, terima kasih Pak Kapolres atas bantuannya. Semoga Allah membalas semua kebaikan Bapak Kapolres,” ucapnya haru. *