Ratusan Ternak Kerbau di Desa Tanah Tinggi Terancam Suspect PMK

Kamis, 26 Mei 2022 | 22:02 WIB
Indrapura, MPOL: Ratusan hewan Kerbau milik dua kelompok tani Podorukun dan Mandiri yang berlokasi di dusun Jati desa Tanah Tinggi Kecamatan Airputih Kabupaten Batubara diduga mulai ada terancam Suspect Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Terkonfirmasi adanya dugaan penyakit PMK pada hewan ternak Kerbau milik kedua kelompok ternak itu sejak beberapa hari yang lalu, bahwa adanya beberapa ekor Kerbau nafsu makannya menurun.
Mendapat adanya laporan masyarakat, Kapolres Batubara AKBP Jose D. C Fernandes S. IK bersama dinas peternakan dan perikanan Batubara drh. Aisyah, Kapolsek Indrapura AKP Sandi setelah mendapat laporan, langsung turun meninjau ke lokasi ternak hewan Kerbau milik kelompok tani Podorukun dan Mandiri.
Kapolres bersama tim medis Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan)  dengan sigap memeriksa kesehatan yang terkondirmasi adanya terkena Suspeck PMK kepada pemilik ternak Kerabau yang saat ini waswas dengan adanya virus PMK.
Dalam pemeriksaan terhadap beberapa ekor ternak Kerbau, tim medis menemukan adanya bercak bercak merah didalam mulut mulut Kerbau, tapi ini belum bisa kita pastikan Suspeck PMK, kita tunggu hasil laboratarium, kita hanya menemukan luka atau bercak merah didalam mulut kerbau,” ujar drh. Aisyah.
Drh. Aisyah mengaku pihaknya akan terus memantau perkembangan suspeck PMK yang sekarang tengah terjangkit di Kabupaten Batubara, kita akan berikan obat obatan disinfektan kepada para peternak untuk disemprotkan diarea kandang, kepada peternak kita himbau untuk selalu memberikan vitamin kepada hewan ternaknya, sementara untuk obat suspeck PMK belum ada,” imbuh Aisyah.
Legiman 60 salah seorang peternak Kerbau kepada wartawan mengaku sangat waswas dengan adanya Suspeck PMK, beberapa hari ini nafsu makan ternaknya sangat berkurang, dan satu ekor kerbaunya susah berjalan, ada sebelah kakinya sulit berjalan, kami merasa sangat cemas, di dua kelompok. Jumlah ternak kerbau lebih dua ratusan ekor, jadi kami berharap kepada Pemkab Batubara agar senantiasa proaktif memantau ternak kerbau milik masyarakat Batubara,” ujar Legiman.