Penjual Minyak Kusuk di Tanjung Tiram Ketiban Rezeki, Kapolres Batu Bara Borong Dagangannya

Minggu, 12 September 2021 | 13:46 WIB

Batu Bara, MPOL : Ahmad (49) penjual minyak kusuk keliling di Kabupaten Batu Bara tidak menyadari bahwa dirinya menjadi perhatian dari Kapolres Batu Bara, AKBP Ikhwan Lubis.

Pasalnya, saat menjajakan dagangannya dengan berjalan kaki di tengah teriknya sinar matahari, tanpa sengaja Ahmad berpapasan dengan perwira polisi yang merupakan sosok pejuang dhuafa saat pria yang juga pendiri Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) tengah melakukan bakti sosial di Kel. Bagan Arya, Kec. Tanjung Tiram, Kab. Batu Bara, Minggu (12/9/2021).

Merasa takut, Ahmad yang berjalan meminggir semakin tersudut dengan mendekatinya Kapolres dan rombongan. Tanpa ia sadari Kapolres yang saat itu ingin menanyakan sedang berdagang apa membuat Ahmad semakin bingung, namun ruang sempit yang ada membuat dia terdiam dan hanya melihat.

“Bapak sedang berdagang apa? Kenapa dari tadi saya perhatikan masyarakat tidak ada yang membeli?” tanya Kapolres saat menghampiri Ahmad.

Karena hanya bisa diam dan grogi, Kapolres lantas menawarkan dagangan minyak kusuk Ahmad

“Bagaimana kalau minyak kusuknya saya saja yang borong semua?” ucap Kapolres.

Kemudian, tanpa basa basi Kapolres mengeluarkan uang dan memborong semua dagangan minyak kusuk milik Ahmad. Lalu, Kapolres membagikan semua minyak kusuk kepada rombongan.

“Ini saya beli dan Wak Ahmad bisa cepat pulang atau berdagang lagi,” kata mantan Kapolres Belawan ini.

“Setelah habis diborong, semoga dagangan Wak Ahmad selalu laris ya,” harapnya sembari memberikan bantuan paket sembako.

Semetara Ahmad masih belum percaya kalau dagangan minyak kusuknya diborong oleh Kapolres.

“Saya mimpi apa ya, padahal kalau saya berdagang paling satu hari hanya laku 1 atau 2 botol saja dan saya hanya mendapat untung hanya Rp. 40.000, itu pun kalau ada yang beli. Kalau saya keliling masyarakat hanya beri uang kusuk per orang Rp. 10.000 dan itu pun sulit saya mencari warga yang ingin dikusuk,” ungkapnya.

Ia tak menyangka hari ini mendapat rezeki nomplok dan bersyukur karena Allah mempertemukannya dengan orang baik.

“Hari ini saya mendapat rezeki nomplok, dagangan habis tersisa hanya 2 botol di tas saya. Namun, rezeki yang saya terima berlebih. Saya bersyukur dan sangat berterimakasih kepada rombongan Kapolres dan KSJ,” ujarnya. *