Pendiri KSJ Tandatangani MoU dengan Yayasan Rumah Konstitusi Indonesia

Senin, 20 September 2021 | 17:43 WIB

Batu Bara, MPOL : Pendiri sekaligus pembina Komunitas Sedekah Jumat (KSJ), AKBP Ikhwan Lubis menandatangani MoU dengan Yayasan Rumah Konstitusi Indonesia (RKI)

AKBP Ikhwan bersama Ketua Yayasan RKI, Amir Hamdani Nasution sepakat menandatangani kerjasama dalam melakukan kegiatan sosial. MoU itu digelar di Aula Bhayangkari Mapolres Batu Bara, Senin (20/9/2021).

Dihadiri beberapa organisasi sosial, tokoh masyarakat dan agama serta Ketua Umum KSJ, Saharudin membuka ruang bincang dalam membahas kegiatan sosial yang dilakukan KSJ kepada stake holder para organisasi sosial yang ada.

Adapun sisi tanya jawab yang dilakukan dalam kegiatan KSJ terkait kerja sama terhadap Yayasan RKI menjadi salah satu agenda langkah-langkah yang akan dilakukan gerakan sosial KSJ termasuk program yang telah dilaksanakan maupun prospek kerja maju KSJ kedepannya.

“Kerja sama KSJ dalam penandatanganan MoU bersama Yayasan Rumah Konstitusi ini sangat baik sekali walau sebelumnya KSJ juga sudah banyak bekerja sama dengan organisasi yang ada. Namun, langkah-langkah nasional bersama Yayasan RKI ini akan dapat banyak membantu program Ksj kedepanya nanti.

Salah satu dari program unggulan KSJ adalah kampung sedekah, dimana KSJ nantinya akan terintegrasi dalam Rumah Tahfiz Quran, program UMKM untuk edukasi dan pembinaan-pembinaan usaha mandiri kepada warga binaan kampung sedekah.

“Semua warga kampung sedekah yang kita ambil dari mulai anak yatim piatu, gelandangan serta orang-orang yang direhabilitasi narkoba tersebut akan kita jadikan relawan KSJ juga sekaligus akan menambah penghasilan untuk dirinya juga kerabat atau keluarganya kelak,” kata AKBP Ikhwan.

Kemudian, sambungnya, menjadikan relawan KSJ muda kedepannya menjadi prioritas yang menjadi tujuan KSJ bersama warga binaan kampung sedekah.

“Semua ini akan terstruktur dalam perekonomian anggaran maupun pendapatan KSH, sehingga kita bisa tegak berjalan terus sampai menjadikan KSJ menjadi gerakan sosial nantinya,” jelasnya.

“Adapun sedikit kita terangkan langkah kerja KSJ selain melakukan kunjungan sedekah setiap Jumatnya di seluruh Indonesia KSJ juga akan melakukan usaha mandiri beternak ikan dan unggas, mendirikan usaha mart hingga produk unggulan maupun wisata dan banyak lagi yang telah di programkan KSJ,” terangnya. *