KSJ Bersama HNSU dan MIO Teken MoU Perluas Jaringan Sedekah

Jumat, 24 September 2021 | 20:35 WIB

Batu Bara, MPOL : Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) bersama DPD Himpunan Nelayan Sumatera Utara (HNSU) dan Media Online Independen (MIO) menandatangani (meneken) Memorendum of Understanding (MoU) dalam upaya memperluas jaringan sedekah. Acara tersebut digelar di pelataran parkir Pelabuhan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Jumat (24/9/2021).

Kerjasama dalam hal pendataan, pemberdayaan kegiatan sosial, pelatihan serta pendidikan anak nelayan, penguatan ekonomi usaha mikro kecil menengah bidang perikanan dan kelautan secara khusus disepakati antara KSJ dan HNSU sedangkan kerjasama bidang sosialisasi dan pemberitaan disepakati KSJ bersama MIO.

Penandatangan MoU tersebut dilakukan Ketua Umum KSJ Saharuddin bersama Ketua DPD HNSU Sumut, Zulfahri Siagian, Pembina MIO, Rahmad Hidayat dan disaksikan Pendiri sekaligus Pembina Utama KSJ, AKBP Ikhwan Lubis.

“Pada edisi ke 111 ini KSJ telah melakukan 4 kali MoU, diantaranya bersama Gerakan Indonesia Anti Narkotika (GIAN) dan Yayasan Rumah Konstitusi Indonesia (YRKI), kata Saharuddin.

“Kita agendakan sampai akhir 2022 nanti KSJ akan membangun kerjasama dengan 50 lembaga organisasi. Bulan Oktober mendatang kita upayakan dapat membangun MoU dengan Karang Taruna (KT), Palang Merah Indonesia (PMI), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Konfederasi Serikat Pekerja,” aktivis pegiat sosial ini.

Saharuddin menjelaskan, kerjasama lintas organisasi ini tentu saja untuk membangun sinergi dan penguatan jaringan gerakan sedekah sesuai visi besar KSJ, yakni terwujudnya Gerakan Nasional Sedekah Jumat.

Ketua DPD HNSU, Zulfahri Siagian mengapresiasi KSJ yang dibina oleh Kapolres Batu Bara, AKBP Ikhwan Lubis.

“KSJ cukup banyak membantu nelayan, khususnya di Batu Bara. Hanya Allah SWT yang dapat membalas segala perhatian Pak Ikhwan,” ucap Zulfahri.

Sementara, AKBP Ikhwan Lubis mengatakan dengan MoU ke 4 ini dirinya berharap semoga semakin banyak anak-anak yatim dan piatu serta duafa yang dapat dibantu.

“Kita harapkan kegiatan sedekah kepada mereka akan semakin rutin kita lakukan,” kata Ikhwan.

Lebih lanjut dikatakan Penasehat HNSU ingin lebih banyak membantu ekonomi nelayan yang terdampak Covid-19 sembari berharap seluruh elemen masyarakat dapat bekerjasama.

Dalam acara tersebut ditandai dengan pemberian sembako kepada anak yatim dan duafa oleh Pembina Utama Kartini KSJ, Henny Ikhwan bersama Pengurus Kartini KSJ Batu Bara. Selain itu, Henny juga mengunjungi warga miskin yang rencana rumahnya akan dibedah oleh KSJ Batu Bara. *