Bacok Korban, 4 Pelaku Begal Sadis Berklewang Terkapar Ditembak Polisi

Rabu, 22 September 2021 | 14:05 WIB

Batu Bara, MPOL : Sat Reskrim Polres Batu Bara mengungkap kasus begal sadis berklewang yang sudah sangat meresahkan masyarakat. Bahkan, keempat pelakunya terkapar ditembak petugas lantaran melawan dan berusaha kabur saat ditangkap.

Kapolres Batu Bara, AKBP Ikhwan Lubis didampingi Kasat Reskrim AKP Fery Kusnadi mengatakan, keempat pelaku yang ditangkap salah satunya Tomo yang merupakan residivis dalam kasus yang sama (begal). Tomo ditangkap bersama 3 temannya, yakni Aris, Iwan dan Arga. Selain itu, petugas juga mengamankan 3 penadahnya masing-masing TS, RP dan HN.

“Para pelaku dibekuk setelah 2 hari melakukan aksinya di Jalan lintas simpang Gambus, Kec. Lima Puluh, Kec. Batu Bara,” kata Kapolres saat menggelar konferensi pers di Mapolres Batu Bara, Rabu (22/9/2021).

Para pelaku, kata Kapolres, sangat kejam karena saat beraksi akan mengancam membunuh dan tak segan-segan membacok korbannya menggunakan klewang. Kemudian setelah korbannya tak berdaya, para pelaku melarikan sepeda motor serta harta korban.

“Pelaku Tomo dan ketiga temannya ini ternyata adalah satu komplotan yang tadinya bekerja sama. Setelah Tomo tertangkap selama 4 tahun mereka melakukannya (begal) sendiri-sendiri di wilayah lain dengan mengajak para calon begal lainya. Namun setelah Tomo keluar menjalani masa tahanan dalam kasus yang sama, mereka berkumpul dan melakukan aksi begal kembali,” ungkapnya.

Keempat pelaku begal sadis yang ditembak. (Foto: Ist).

Kapolres menjelaskan, adapun sasaran para pelaku adalah para ibu-ibu, anak gadis dan orang tua yang menurut mereka adalah target empuk.

“Keempat pelaku ditangkap setelah korban RW yang punggungnya dibacok pelaku begal melapor ke Polres Batu Bara pada Senin (20/9/2021). Dalam tempo kurang dari 2×24 jam kita bergerak cepat dan berhasil meringkus para pelaku,” ucapnya.

Mantan Kapolres Pelabuhan Belawan ini menegaskan tidak ada ampun bagi para pelaku kejahatan yang berani beraksi di wilayah hukum Polres Batu Bara.

“Kita akan tindak tegas semua pelaku kejahatan. Sengaja kami hadiahi timah panas untuk mereka (pelaku) karena melakukan perlawanan kepada petugas saat ditangkap. Mereka juga memiliki senjata tajam yang bisa saja mereka pergunakan saat melawan petugas,” pungkasnya. *